Sukses

Food

Tips Adonan yang Pas untuk Menghasilkan Tempe Mendoan Garing

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat tempe mendoan yang kriuk dan garing, penting untuk memperhatikan adonan tepung yang kita buat. Bagi penggemar tempe goreng tepung yang renyah, perlu mengetahui tips yang satu ini. Tips ini akan membantu kita  menghasilkan tempe mendoan yang renyah dan awet garingnya.

Bagi yang bosan menggunakan tepung bumbu instan untuk membuat tempe goreng tepung, tips ini akan sangat membantumu. Dengan racikan bumbu dan adonan yang pas, kita bisa membuat tempe mendoan garing yang enak. 

1. Gunakan Tepung Terigu, Tapioka, dan Tepung Beras

Tepung yang digunakan untuk adonan adalah tepung terigu, tepung tapioka, dan tepung beras. Untuk satu papan tempe, kita bisa menggunakan 6 sdm tepung terigu, 2 sdm tepung tapioka, dan 2 sdm tepung beras.

Agar rasanya gurih, kita bisa membuat racikan bumbu yang terdiri dari 2 tangkai daun bawang yang diiris tipis, 1 sdt bawang putih bubuk, 1/2 sdt kunyit bubuk, dan 1 sdt kaldu ayam bubuk.

2. Takaran Air pada Adonan Harus Pas

Adonan tepung dan air untuk menggoreng mendoan haruslah pas, usahakan agar tidak terlalu kental dan tak terlalu encer. Bagaimana caranya?

Mudah saja, kamu hanya perlu menuangkan air sedikit demi sedikit sembari kamu terus mengaduknya agar bisa memastikan kekentalan adonan mendoan. Disarankan juga untuk menggunakan air hangat agar tepung lebih cepat larut dan tak mudah menggumpal.

3. Tempe Diiris dengan Tipis

Selain pemilihan tepung dan takarannya, untuk mendapatkan hasil mendoan yang garing dan renyah maksimal, kamu perlu mengiris tempenya dengan sangat tipis. 

Hal ini karena sajian mendoan memang terkenal menonjolkan tepung yang lebih tebal. Karena itu potong tempe dengan tipis.

 

4. Tambahkan Baking Powder

Kita bisa menggunakan 1 sdt baking powder untuk dicampurkan ke dalam adonan tepung. Pada adonan kue atau roti, baking powder digunakan sebagai pengembang. Untuk tempe mendoan, baking powder bisa membuat tekstur tepungnya lebih bagus ketika digoreng.

5. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak

Untuk mendapatkan hasil mendoan yang garing dan renyah, sebaiknya kamu tidak perlu memakan terlalu banyak minyak. Hal ini akan mempermudah kamu nantinya untuk meniriskan mendoan. Terlalu banyak minyak yang terserap justru akan membuat mendoan semakin lembek. 

6. Menggunakan Minyak yang Panas

Saat menggoreng pastikan minyak sudah benar-benar panas ya Sahabat Fimela, gunakan juga api sedang. Setelah itu masukkan tempe mendoan yang sudah dibaluri tepung.

Menggoreng tempe mendoan tidak perlu lama-lama, jika warna tempe sudah berubah, segera angkat dan tiriskan. Hal iniperlu diperhatikan supaya tempe mendoan tidak gosong. 

7. Tiriskan dengan Tisu Food Grade

Nah, setelah mengangkat mendoan, kamu pastinya perlu meniriskannya, bukan? Untuk meniriskan mendoan agar lebih garing, kamu bisa menggunakan tisu food grade untuk menyaring minyak dari mendoan yagn kita masak.

Kesalahan beberapa orang hanya menggunakan tisu biasa untuk meniriskan gorengan, padahal penggunaan tisu biasa kurang tepat. Lebih baik kamu menggunakan tisu food grade yang disediakan khusus untuk makanan sehingga lebih higienis. 

Ladies, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah saat memasak mendoan. Selamat mencoba!

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading