Cara Mengatasi Penyakit Vertigo saat Kambuh Mendadak dengan Cepat secara Alami

Fimela Editor08 Nov 2019, 20:15 WIB
Ilustrasi Vertigo

Fimela.com, Jakarta Vertigo merupakan gejala dimana diri sendiri atau sekeliling terasa seperti berputar dan terjadi secara tiba-tiba. Gejala atas serangan vertigo berbeda-beda, ada yang ringan dan tidak terasa, namun ada pula yang parah.

Saat vertigo menyerang, hal yang dirasakan bisa bervariasi, seperti pusing ringan dan muncul secara berkala. Berikut adalah cara mengatasi vertigo saat kambuh mendadak.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Makanan untuk Meredakan Pedas
Susu dan Plain Yogurt / Sumber: iStockphoto

Gangguan pada telinga bagian dalam membuatmu merasa kehilangan keseimbangan dan mengalami gejala vertigo seperti pusing, mual dan muntah. Berikut kami berikan tips cara mengatasi penyakit vertigo.

Konsumsi susu dan olahan sejenis

Mengonsumsi susu dan yogurt ampuh menjadi cara mengatasi penyakit vertigo. Selain menambah asupan gizi dan menunjang kesehatan, susu akan membuatmu lebih mudah beristirahat.

Hirup aromaterapi

Salah satu cara mengatasi penyakit vertigo yakni dengan menghirup aromaterapi. Aroma terapi dengan wangi yang kamu sukai akan membantu meregangkan saraf-saraf kepala yang menegang dan memberikan efek relaksasi utnuk mengurangi rasa nyeri akibat vertigo.

Perbaiki posisi tidur

Alternatif cara mengatasi penyakit vertigo yakni dengan memperbaiki posisi tidur. Ada baiknya posisi bantal sedikit lebih tinggi. Ketika bangun tidur, kamu sebaiknya bangkit secara perlahan dan duduk selama beberapa menit sebelum meninggalkan tempat tidur.

Latihan fisik

Latihan fisik seperti menggerakkan sendi, kepala, dan bola mata bisa menjadi cara mengatasi penyakit vertigo. Kamu bisa juga melakukan yoga untuk keseimbangan tubuh. Latihan fisik tersebut berguna untuk membuat saraf di kepala lebih aktif dan mencegah kehilangan kesadaran.

Cara Mengatasi Vertigo saat Kambuh

Ilustrasi Kepala Pusing (iStockphoto)
Pusing menjadi gejala vertigo (Ilustrasi/iStockphoto)

Vertigo biasanya datang dengan tiba-tiba. Saat vertigo kambuh, kamu akan merasakan pusing, sekelilingmu terasa berputar, merasa tidak seimbang, mual dan muntah. Berikut cara mengatasi vertigo saat kambuh.

Tinggalkan aktivitas dan segera bersandar

Tinggalkan aktivitas dan segera bersandar merupakan cara mengatasi vertigo saat kambuh. Carilah ruangan yang gelap, berbaringlah sambil memejamkan mata untuk mengurangi mual dan sensasi berputar.

Beristirahatlah dan hindari berpikir terlalu keras

Cara mengatasi vertigo saat kambuh yakni dengan beristirahat baik badan maupun pikiran. Jangan berpikir terlalu kerasa sampai menimbulkan stres.

Lakukan manuver Epley

Salah satu cara mengatasi vertigo saat kambuh yakni dengan melakukan manuver Epley atau prosedur reposisi canalith. Gerakan ini bertujuan untuk mengatur ulang organ keseimbangan dalam telinga sehingga dapat mengurangi gejala yang muncul saat vertigo kambuh.

Terapi rehabilitasi Vestibular

Terapi rehabilitasi vestibular bisa menjadi salah satu cara mengatasi vertigo saat kambuh. Terapi ini merupakan rangkaian gerakan mata dan kepala yang menyebabkan sensitivitas saraf menurun di telinga bagian dalam, sehingga gejala vertigo bisa berkurang.

Cara Mengatasi Vertigo Mendadak

Menenangkan Diri dengan Merasakan Napas
Bernapas dengan teknik perut, membantu dapatkan ketenangan pikiran. (Foto: theultimateyogi.com))

Vertigo seringkali menghampirimu dengan tiba-tiba. Untuk itu, kami bagikan tips cara mengatasi vertigo secara mendadak.

Berhenti dan atur napas

Cara mengatasi vertigo mendadak yakni dengan berhenti dari aktivitas dan mengatur napas. Tariklah napas dan hembuskan perlahan, lakukan minimal 10 detik sejak vertigo menyerang agar peredaran darah menuju otak kembali lancar.

Carilah sandaran yang pas

Duduklah sejenak dan carilah sandaran untuk kepala sebagai cara mengatasi vertigo mendadak. Lakukan relaksasi pernapasan dan buat dirimu senyaman mungkin agar aliran darah menjadi lancar.

Jangan menggelengkan kepala

Salah satu cara mengatasi vertigo mendadak adalah jangan menggelengkan kepala. Menggelengkan kepala hanya akan memperparah rasa sakit yang kamu alami.

Minum air putih hangat

Minum air hangat menjadi salah satu cara mengatasi vertigo mendadak. Menegak air putih hangat akan melemaskan otot-otot yang menegang. Kamu bisa juga meminum teh jahe untuk lebih menenangkan.

Lakukan Gerakan Foster

Gerakan foster bisa kamu jadikan tahap selanjutnya dalam cara mengatasi vertigo mendadak.

  1. Tekuk perlahan tubuh ke posisi berlutut dengan muka menatap ke langit-langit selama beberapa detik
  2. Bungkukkan badan dengan kepala berada di antara kedua lutut dan cobalah agar dahi menyentuh lantai selama 30 detik
  3. Posisikan kepala ke sisi telinga yang merasa sakit selama 30 detik
  4. Tegakkan kepala pelan-pelan dengan posisi dimiringkan ke sisi telinga yang merasakan vertigo
  5. Cobalah berdiri dengan perlahan.

Cara Mengatasi Vertigo secara Alami

Makanan yang Mengandung Protein
Makanan yang Mengandung Protein (sumber: Pexel)

Vertigo bisa diatasi secara alami dengan rutin melakukannya. Yuk, simak bagaimana caranya.

Perbanyak mengonsumsi makanan berprotein

Salah satu cara mengatasi vertigo secara alami yakni dengan memperbanyak konsumsi makanan berprotein, seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan. Makanan berprotein akan memperbaiki fungsi saraf dan memperlancar sirkulasi darah.

Latihan konsentrasi

Latihan konsentrasi bisa kamu jadikan salah satu cara mengatasi vertigo secara alami. Cobalah untuk fokus menatap suatu objek yang berada di depanmu sekitar lima menit untuk mengurangi resiko kehilangan kesadaran saat vertigo menyerang.

Rutin Sarapan

Rutin sarapan menjadi salah satu cara mengatasi vertigo secara alami. Upayakan selalu sarapan meskipun dalam porsi yang kecil, juga perhatikan pola makan di siang dan malam hari.

Jaga kesehatan telinga

Cara mengatasi vertigo secara alami yakni dengan menjaga kesehatan telinga, karena saraf pada telinga berhubungan dengan saraf yang ada di kepala. Bersihkanlah telinga minimal dua kali dalam seminggu, agar bakteri tidak bersarang di dalamnya.

Tidak mengonsumsi kafein berlebih

Kafein yang berlebihan dapat merusak sistem metabolisme tubuh dan memberikan dampak buruk lainnya bagi kesehatan. Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi kafein secara berlebih sebagai cara mengatasi vertigo secara alami.

Cara Mengatasi Vertigo dengan Cepat

Ingat Kembali 4 Cara Mendapatkan Tidur yang Baik di Sini
Posisi telentang juga membutuhkan cara tersendiri agar membuat tidur Anda semakin sehat dan berkualitas, intip di sini.

Ketika vertigo melanda, tentu kamu ingin mengatasinya dengan cepat agar efek yang ditimbulkan segera menghilang. Berikut, rekomendasi cara mengatasi vertigo dengan cepat.

Merebahkan tubuh

Cara mengatasi vertigo dengan cepat yakni dengan merebahkan tubuh pada permukaan yang rata dan nyaman. Lakukan penenangan saraf dengan menarik napas dalam.

Posisikan kepala senyaman mungkin dan usahakan tidak menggelengkan kepala. Tahan napas kurang lebih tiga detik, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan lima sampai enam kali, sampai kamu merasa lebih baik.

Menundukkan kepala atau berjongkok

Saat kamu sedang berjalan, cara mengatasi vertigo dengan cepat yakni berhenti sejenak dan segera menundukkan kepala atau berjongkok. Bersandarlah dan lakukan penenangan saraf sambil menarik napas dalam.

Menghentikan aktivitas

Menghentikan aktivitas dengan segera adalah salah satu cara mengatasi vertigo dengan cepat. Usahakanlah beristirahat sejenak untuk melakukan penenangan saraf dengan menarik napas dalam.

 

Vertigo memang bisa menyerang kapan saja, untuk itu kamu harus selalu berjaga-jaga dengan melakukan beberapa hal tersebut. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓