Secara Psikologis, 4 Kepribadian Kuat Inilah yang Dimiliki Orang Selama Ini

Febi Anindya Kirana08 Nov 2019, 15:45 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki karakter dan kepribadian masing-masing yang unik, percampurannya pasti tak akan sama antara satu orang dengan yang lainnya, dan itulah yang membuat setiap orang unik. namun tetap ada pengkategorian jika kepribadian bisa dibedakan.

Menurut penelitian yang dilakukan Northwestern University dan diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behaviour terhadap lebih dari 1,5 juta responden yang mengisi kuisinoner menemukan bahwa paling tidak ada empat tipe kepribadian yang bisa dibedakan yang dimiliki orang selama ini, yaitu average, reserved, self-centered dan role model. Ini dia penjelasannya.

1. Average

perempuan bahagia dan positif
ilustrasi perempuan optimis/Photo by Matheus Ferrero on Unsplash

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang ekstrovert dan neurotik. Ia mudah bergaul, tenang saat menghadapi tekanan atau masalah, percaya diri, dan punya pendirian. Namun ia kurang terbuka sehingga mudah tersinggung, gugup dan stres. Jenis kelamin perempuan adalah yang paling memungkinkan jatuh ke dalam tipe kepribadian Average.

2. Reserved

Mereka dengan tipe kepribadian reserved memiliki kestabilan emosional yang sangat baik, tetapi tidak terbuka atau neurotik yang ekspresif. Mereka orang yang menyenangkan dan teliti jika sudah kenal dekat meski lebih ke tipe introvert. Mereka tak begitu pandai bergaul dan lebih menjadi pendiam di keramaian.

3. Role Model

zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by DISRUPTIVO on Unsplash

Tipe role model adalah orang yang rendah dalam hal neurotik, jadi mereka tidak lagi gugup atau minder. Mereka tipe yang bisa diandalakan, menjadi teladan atau contoh yang baik untuk sekitarnya dan terbuka dengan ide-ide baru. Orang cenderung mengembangkan kepribadian ini seiring bertambahnya usia. Lebih banyak perempuan yang memiliki kepirbadian ini.

4. Self-Centered

Tipe ini cenderung ektrovert namun tidak terbuka pada banyak hal. Ia teliti namun tidak begitu menyenangkan dijadikan teman karena egonya yang tinggi. Orang seperti inilah yang sering dijauhi. Umumnya anak muda yang memiliki kepribadian ini, dan karakternya akan menurun seiring bertambahnya usia baik pada laki-laki maupun perempuan.

Itu dia sekian tipe kepribadian yang bisa dibedakan. Jadi, kamu tipe kepribadian yang seperti apa, ladies?

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓