FIMELA FEST 2019: Tips Meredakan Rasa Cemas Hanya dalam 5 Menit

Annissa Wulan11 Nov 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Meditasi

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika rasa cemas yang berlebihan dapat berakhir pada stres yang tidak dapat ditanggulangi. Sebenarnya kamu bisa memprediksi kapan rasa cemas akan datang, kemungkinan besar datangnya di tempat kerja, benar?

Jangan khawatir, dilansir dari sheknows.com, Senin (11/11/2019), berikut ini adalah beberapa tips meredakan rasa cemas hanya dalam waktu 5 menit, bahkan kurang. Penasaran bagaimana?

1. Lebih menyadari kondisi tubuhmu sendiri

Keluarlah dari pikiranmu dan lebih sadar tentang kondisi tubuhmu sendiri. Mulailah lakukan dengan latihan pernapasan 5-4-3-2-1, apa itu?

Carilah 5 hal yang bisa kamu lihat, 4 hal yang bisa kamu dengar, 3 hal yang bisa kamu sentuh, 2 hal yang bisa kamu cium, dan 1 hal yang bisa kamu rasakan. Dengan keluar dari pikiran dan memperhatikan kondisi tubuh, kamu bisa mengalihkan rasa cemas pada perasaan damai.

2. Melatih rasa ingin tahu

Penangkal rasa cemas bisa datang dari rasa ingin tahu. Cobalah melatih rasa ingin tahumu yang sebenarnya terhubung dengan dirimu sendiri.

3. Menempatkan diri sendiri

Gunakan teknik 4 langkah untuk menahan diri. Pertama, perhatikan segala hal yang ada di sekitarmu, lalu letakkan lidah di atap mulut. Kemudian, tarik napas sampai terdengar, terakhir, senyumlah untuk menyingkirkan rasa cemas yang datang tiba-tiba.

 

4. Fokus pada sensasi

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gian Cescon.

Rasa cemas seringkali disebabkan oleh pikiran di masa depan yang sebenarnya tidak diketahui. Ketika rasa cemas datang, cobalah merasakan sensasinya. Dengan merasakan sensasi dari rasa cemas itu sendiri, kamu akan kembali ke masa kini.

5. Menemukan ungkapan untuk mencintai diri sendiri

Pernah coba teknik mengetuk beberapa titik di wajah dan dada sambil mengulangi frasa tertentu? Teknik ini bekerja untuk tekanan emosional dan fisik.

6. Mencoba meditasi

Meditasi sebenarnya bisa dilakukan di mana pun, termasuk ketika kamu berada di kantor. Kamu hanya butuh waktu selama 5 menit, bahkan kurang untuk kembali fokus dan menyingkirkan rasa cemas yang sering tiba-tiba hadir.

Ingin tahu lebih banyak hal untuk mengatasi rasa cemas dan cara mencintai diri sendiri? Jangan lewatkan talkshow "Self Love and Be Good to Your Self" bersama Andra Alodita dan Tara de Thouars di Gandaria City pada hari Sabtu (16/11/2019). Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓