FIMELA FEST 2019: 3 Tips Berhenti Merendahkan Diri Sendiri sebab Dirimu Berarti

Endah Wijayanti12 Nov 2019, 09:46 WIB
Perempuan

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita terlalu keras bahkan kejam terhadap diri sendiri. Bahkan pada saat-saat tertentu kita cenderung merendahkan diri sendiri. Merasa tak percaya diri akan kemampuan yang sebenarnya kita miliki.

Merendahkan diri sendiri bisa menyebabkan stres dan kecemasan. Kondisi ini dapat menghambat dan mencegah kita melakukan hal baru. Bila kita terus menerus merendahkan diri sendiri, akibatnya bisa membuat kita membenci diri sendiri. Belum terlambat untuk lebih mencintai diri sendiri selama kita masih mau untuk melangkah ke depan.

1. Keluarkan Dulu Semua Perasaan Negatif dalam Diri

Sulit untuk mengurangi kebiasaan berkomentar negatif terhadap diri sendiri? Coba beri ruang pada dirimu untuk mengeluarkan dan meluapkan semuanya terlebih dahulu. Bisa dengan menuliskan semua hal negatif yang muncul di pikiran. Atau bisa juga melampiaskannya dengan menangis atau berteriak sekencangnya. Berdamailah dulu dengan hal-hal negatif yang masih sering kamu pikirkan.

 

2. Buat Daftar Sejumlah Kelebihan dan Keunggulanmu

patah hati
ilustrasi./copyright Unsplash/Amandine Lerbscher

Agar tak terus menerus merasa kurang percaya diri, coba buat daftar kelebihan dan keunggulan yang kamu punya. Catat juga sejumlah potensi yang sekiranya masih bisa digali dari dirimu. Bisa juga menuliskan sejumlah pencapaian yang sudah kamu miliki.

3. Coba Sesuatu yang Baru untuk Pertama Kalinya

Kumpulkan keberanianmu untuk mencoba hal baru. Mungkin ada sesuatu yang sudah lama ingin kamu coba tapi belum kesampaian. Maka, ini saat yang tepat untuk mencobanya. Biasanya setelah berhasil melakukan hal baru untuk pertama kalinya, rasa percaya dirimu akan meningkat dengan sendirinya.

Saatnya kita terus berproses untuk lebih mencintai diri sendiri. Tak perlu terus menerus meremehkan diri sendiri sebab orang pertama yang seharusnya menerima diri kita adalah diri kita sendiri, benar?

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓