Sukses

Lifestyle

Hari Ayah Nasional, Ini Perbedannya dengan Father's Day

Fimela.com, Jakarta Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November ini kerap disamakan dengan Father's Day yang dirayakan secara internasional. Padahal, kedua hari penting tersebut memiliki perbedaan sejarah, bahkan tanggal. Hari Ayah Nasional mulai diperingati pada tahun 2006 sulam dan dideklarasikan di Solo pada 12 November 2006.

Hari Ayah Nasional berawal dari inisiasi oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Acara tersebut dimulai dengan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dan 70 surat terbaik akan dibuat menjadi buku. Menurut berbagai sumber, acara tersebut ternyata menuai pertanyaan "Kapan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Dan pertanyaan tersebut sontak membuat penyelenggara mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia? Alhasil, PPIP pun menetapkan Hari Ayah Nasional di tanggal 12 November. Selain di Solo, deklarsi Hari Ayah juga diadakan di Maumere, Flores, NTT. 

Perbedaan Hari Ayah Nasional dan Father's Day

Sekilas sejarah tentang Hari Ayah Nasional, namun ternyata hal ini berbeda dengan Father's Day yang dirayakan di Amerika Serikat. Walaupun hari tersebut didedikasikan untuk ayah, namun Father's Day diawali di Spokane, Washington di YMCA pada tahun 1910 oleh Sonora Smart Dodd.

Perayaan pertama dimulai pada tanggal 19 Juni 1910 disaat Sonora ingin menghormati sang ayah yang merupakan veteran Perang Sipil William Jackson Smart. Sang ayah adalah orang tua tunggal dan berhasil membesarkan enam anaknya.

Inisiasi Father's Day dimulai dari inspirasi dirinya yang mendengar khotbah mengenai Hari Ibu Anna Jarvis di Gereja Episkopal Metodis Sentral pada tahun 1990. Setelah itu, ia menyampaikan akan pentingnya peran ayah yang juga harus diapresiasi seperti ibu.

Awalnya, hari ayah tersebut ingin diperingati pada tanggal 5 Juni, namun karena waktu yang sempit akhirnya khotbah mengenai Father;s Day diadakan pada hari Minggu ketiga di bulan Juni.

Oleh sebab itu, lahirnya Father's Day yang juga diperingati secara internasional di seluruh dunia. 

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading