Tips Penting agar Ikan Tongkol Goreng tidak Keras

Endah Wijayanti12 Nov 2019, 15:15 WIB
ikan tongkol

Fimela.com, Jakarta Ikan tongkol bisa diolah jadi aneka makanan dan hidangan lezat. Biasanya sebelum dibumbui, ikan tongkol perlu digoreng terlebih dahulu. Hanya saja kadang ikan tongkol jadi keras saat digoreng.

Supaya ikan tongkol goreng tidak keras, ada tips penting yang perlu dilakukan. Untuk menghasilkan ikan tongkol goreng yang dagingnya tetap lembut ternyata tidak terlalu sulit. Selengkapnya langsung saja simak di sini.

 

Ikan Tongkol Diungkep dengan Dialasi Daun Kunyit

Resep Ikan Tongkol Goreng
Ilustrasi./copyright By SAM THOMAS A from Shutterstock

Ikan tongkol yang sudah dicuci bersih, diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng. Untuk 500 gram ikan tongkol kita bisa mengungkepnya dengan 3 buah asam kandis yang ditambah garam dan air secukupnya. Siapkan wadah yang dialasi daun kunyit, lalu masukkan daging ikan tongkol dan baluri dengan bumbu ungkep.

Diamkan selama sekitar lima menit. Warna ikan akan sedikit berubah warna. Setelah itu, ikan bisa ditiriskan untuk digoreng hingga matang.

Goreng dengan Api Sedang

Ikan tongkol bisa digoreng dengan api sedang supaya tidak gosong. Tak perlu berulang kali dibolak-balik. Cukup sekali balik sampai seluruh permukaan matang merata. Setelah matang, ikan bisa ditiriskan lalu dibumbui sesuai selera. Diolah jadi ikan tongkol bumbu balado pun enak.

Tidak terlalu sulit kan tipsnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓