Sukses

Lifestyle

Bukan Karena Penyakit Kulit, Ini 6 Penyebab Payudara Gatal!

Fimela.com, Jakarta Beberapa perempuan mungkin mengeluhkan mengalami payudara gatal di waktu tertentu. Seringkali rasa gatal di payudara ini bukan dikarenakan oleh penyakit kulit atau semacamnya, namun ada beberapa penyebab mengapa payudara gatal, seeprti dilansir dari Medical News Today.

1. Kulit kering

Kulit kering pada payudara akan menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Kulit kering akan membuat permukaan areola dan puting mengelupas atau pecah-pecah dan bukan hanya gatal, tapi juga pedih. Oleskan pelembab agar tidak gatal, jangan digaruk.

 

2. Pertumbuhan

Beberapa perempuan akan mengalami beberapa fase pertumbuhan seperti misalnya pubertas, hamil dan menyusui. Pada fase-fase ini, payudara mengalami pertumbuhan sehingga ukuran payudara lebih besar, dan proses ini seringkali menimbulkan kulit gatal.

3. Perubahan hormon

Ketika menstruasi atau adanya kenaikan berat badan, hormon bisa berubah. Dan perubahan hormon ini juga bisa memberi pengaruh terhada area kewanitaan tak terkecuali payudara. Payudara akan terasa gatal meski tak ada benjolan atau lainnya.

4. Suhu lingkungan

Perubahan suhu sekitar juga bisa menyebabkan kulit kering pada payudara dan membuatnya gatal. Terkena keringat setelah olahraga juga bisa membuat payudara gatal karena bakteri.

5. Alergi

Jika alergi makanan, kulit payudara juga bisa mengalami gatal. Kenali apakah tubuh memiliki alergi tertentu pada makanan, suhu, debu atau yang lainnya.

6. Kanker payudara

Pada kasus tertentu, payudara (terutama area puting dan areola) gatal bisa jadi gejala kanker karena jaringan payudara mengalami inflamasi atau peradangan. Terkadang diikuti gejala lain seperti panas dan bengkak.

Itu dia sekian penyebab payudara gatal. Ketahui apa penyebabnya dan jangan ragu memeriksakannya ke dokter jika gatal tak kunjung mereda.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading