Ingin Menaikkan Berat Badan, Jangan Sering Makan Sendirian

Febi Anindya Kirana13 Nov 2019, 10:16 WIB
makan sehat

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mungkin mencari cara menurunkan berat bnadan sedangkan beberapa lainnya mencari cara menaikkan berat badan agar tidak terlalu kurus. Jika kamu menjadi orang dengan kategori kedua, mungkin cara makan ini bisa diterapkan.

Penelitian yang dilakukan di University of Birmingham menunjukkan, orang-orang yang makan dengan teman-teman atau keluarganya cenderung makan lebih banyak sehingga mampu menaikkan berat badan lebih baik dibanding ketika makan sendirian.

Makan Bersama Membuat Makan Lebih Banyak

kesehatan
ilustrasi makan/copyright By The_Molostock from Shutterstock

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa mereka yang makan bersama-sama orang lain akan makan 48% lebih banyak dibandingkan makan sendirian. Fenomena ini disebut peneliti dengan 'social facilitation', yaitu keadaan di mana orang tidak sadar makan lebih banyak karena interaksi sosial yang ia lakukan dengan orang yang ada di sekitarnya selama makan.

Fenomena ini bisa dijelaskan juga dengan dua alasan, yaitu karena orang merasa lebh bahagia dan nyaman sehingga makan lebih banyak ketika ngobrol. Orang juga ingin membangun kesan yang menyenangkan terhadap orang lain dengan makan lebih banyak karena orang yang makan sedikit terkesan bukan orang menyenangkan diajak bersosialisasi.

Lagipula, perasaan menjadi lebih baik atau orang menjadi lebih bahagia ketika bisa makan bersama, jadi dua manfaat kesehatan bisa didapat ya ladies. Selagi ingin menaikkan berat badan, kamu juga membangun hubungan sosial yang menyenangkan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓