Jika Ingin Mencari Orang yang Membuatmu Merasa Sempurna, Tataplah Cermin

Endah Wijayanti13 Nov 2019, 09:30 WIB
merawat wajah

Fimela.com, Jakarta Masih mencari-cari sosok bernama "belahan jiwa" untuk membuatmu merasa sempurna? Masih sering galau karena belum menemukan seseorang yang mencintaimu apa adanya untuk membuat merasa utuh? Pencarian soal jodoh kerap dikaitkan dengan kebutuhan kita untuk merasa sempurna.

Seringkali kita meras kebahagiaan kita tergantung pada keberadaan orang lain. Padahal kita bisa memulainya dari diri sendiri. Untuk membuat kita merasa sempurna, orang pertama yang kita butuhkan adalah diri kita sendiri. Kita perlu menerima diri kita seutuhnya terlebih dahulu dan menerima semua kelebihan dan kekurangan yang kita punya.

 

Accept yourself, love yourself, and keep moving forward. If you want to fly, you have to give up what weighs you down. ― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

kanker payudara
ilustrasi./Photo by JD Chow on Unsplash

Jika ingin mengubah hidup jadi lebih baik, kita perlu mengubahnya dengan kemampuan yang kita miliki terlebih dahulu. Kalau terus menunggu kehadiran dan bantuan dari orang lain, kita akan semakin jauh dari harapan dan keinginan kita. Coba tataplah cermin terlebih dahulu. Berdamailah dengan wajah yang kamu tatap di cermin tersebut. Lalu, mulailah melakukan sesuatu untuk membuat hidupmu lebih bermakna.

The trick is in what one emphasizes. We either make ourselves miserable, or we make ourselves happy. The amount of work is the same. ― Carlos Castaneda

bersepeda olahraga
ilustrasi./copyrigtht By beeboys from Shutterstock

Sering kita mendengar bahwa kita perlu mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum menuntut orang lain mencintai kita. Kita perlu menerima dan membentuk diri kita secara utuh terlebih dahulu. Dengan begitu, saat akhirnya bertemu dengan jodoh atau pasangan yang selama ini kita nantikan, kita sudah benar-benar siap membangun hubungan yang kuat.

Coba tataplah dirimu di cermin. Berterima kasihlah pada bayangan yang kamu tatap di cermin. Katakan bahwa semua kegagalan dan kesulitan yang pernah kamu hadapi selama inilah yang membentuk pribadimu menjadi kuat seperti sekarang.

Dirimu memang punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Masing-masing orang pun punya sisi hitam dan putihnya sendiri. Percayalah bahwa di dalam dirimu ada kekuatan yang lebih besar dari yang selama ini kamu duga.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓