Berhubungan Intim Pertama Kali, Apakah Terasa Menyakitkan?

Mimi Rohmitriasih13 Nov 2019, 20:43 WIB
Hubungan Intim/Seks

Fimela.com, Jakarta Bagi siapapun, melakukan hubungan intim untuk pertama kali adalah momen yang bikin was-was, tidak nyaman dan dianggap sebagai pengalaman yang bikin perasaan campur aduk. Sebagian besar orang akan khawatir mengenai pengalaman pertama berhubungan intim. Banyak yang mempertanyakan apakah hubungan intim untuk pertama kalinya ini akan terasa menyakitkan atau sebaliknya.

Melansir dari laman prevention.com, berhubungan intim untuk pertama kali kemungkinan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Apalagi jika ia belum memiliki persiapan fisik dan psikis yang baik. Rasa tidak nyaman itu besar kemungkinan akan diikuti oleh rasa sakit yang cukup parah.

Seks Pertama Menyakitkan

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Banyak perempuan yang menganggap jika kehilangan keperawanan akan terasa menyakitkan. Ketika selaput dara robek, tidak jarang ini akan menciptakan luka di daerah miss V karena adanya tekanan. Luka inilah yang kemudian terasa sakit atau nyeri.

Reena Liberman, MS, seorang terapis seks menjelaskan jika berhubungan intim untuk pertama kali akan terasa sedikit tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini bahkan bisa menjadi rasa sakit. Sedangkan rasa sakit ini akan bertambah besar jika seseorang gugup, merasa cemas, stres dan tertekan saat berhubungan intim. Namun, jika seseorang melakukan intim dengan tenang, melakukan pemanasan secara maksimal dan melakukannya dengan pelan-pelan, rasa sakit yang ditimbulkan bisa berkurang.

Melansir dari laman Her Campus, kunci agar hubungan intim untuk pertama kalinya tidak terasa menyakitkan adalah lakukan foreplay atau pemanasan cukup, pilih posisi seks yang tepat, lubrikasi yang lebih banyak, lakukan secara pelan-pelan, hindari perasaan gugup, tegang serta stres. Hubungan yang dilakukan senyaman mungkin akan membantumu serta pasangan menikmati hubungan tersebut dengan lebih baik.

Para ahli mengungkapkan jika rasa sakit saat berhubungan intim tidak hanya terjadi di hubungan untuk pertama kali. Hubungan yang sudah dilakukan berkali-kali namun dengan posisi kurang tepat, perasaan stres dan tertekan sangat memungkinkan menimbulkan rasa sakit di area miss V dan sekitarnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓