15 Cara Mengatasi Anyang-Anyangan pada Perempuan dengan Cepat secara Alami

Fimela Editor13 Nov 2019, 23:57 WIB
Penyebab Anyang-anyangan

Fimela.com, Jakarta Anyang-anyangan adalah rasa tidak nyaman, sakit atau nyeri, bahkan rasa panas seperti terbakar yang dirasakan setiap kali buang air kecil. Anyang-anyangan seringkali ditandai dengan meningkatnya keinginan untuk buang air kecil serta timbunya rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Anyang-anyangan bisa jadi disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang mengarah pada penyakit infeksi saluran kemih. Berikut kami rekomendasikan berbagai cara mengatasi anyangan-anyangan dengan cepat secara alami.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Cantik, Sehat dan Segar dengan Berendam Air Hangat (PR Image Factory/shutterstock)
Cantik, Sehat dan Segar dengan Berendam Air Hangat (PR Image Factory/shutterstock)

Anyang-anyangan adalah rasa tidak nyaman, sakit atau nyeri, bahkan rasa panas seperti terbakar yang dirasakan setiap kali buang air kecil. Berikut kami bagikan tips cara mengatasi anyang-anyangan yang bisa dicoba di rumah.

Berendam dalam air hangat

Berendam dalam air hangat merupakan salah satu cara mengatasi anyang-anyangan. Air hangat diyakini mampu membantu mengurangi rasa tidak nyaman area organ intim.

Banyak minum air

Banyak minum air bisa juga dicoba sebagai cara mengatasi anyang-anyangan. Memperbanyak minum air akan merangsang buang air kecil, sebaiknya hindari juga menahan buang air kecil dalam waktu yang lama.

Membersihkan organ intim dengan benar

Alternatif cara mengatasi anyang-anyangan yakni dengan membersihkan organ intim dengan benar. Membersihkan organ intim dengan benar, yakni dari arah depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke saluran kencing. Hindari pula membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan cairan ke dalam vagina.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan dengan Cepat

Bolehkah Makan Yoghurt Saat Sahur atau Buka Puasa? (Josep Suria/Shutterstock)
Ilustrasi makan yogurt (Josep Suria/Shutterstock)

Anyang-anyangan membuat frekuensi buang air kecil semakin sering. Bahkan seseorang bisa kencing 2-3 kali dalam waktu satu jam. Berikut kami rekomendasikan cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat.

Makan yogurt

Makan yogurt bisa menjadi alternatif cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat. Kandungan ragi pada yogurt berfungsi untuk menghentikan infeksi jamur yang mungkin menyerang organ kelamin. Ragi yang mengandung kalsium memang berfungsi sebagai pembasmi jamur penyebab infeksi.

Jangan menunda buang air kecil

Salah satu cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat yakni jangan menunda buang air kecil. Kebiasaan menunda buang air kecil justru bisa menyebabkan infeksi serius pada kandung kemih dan memperparah kondisi anyang-anyangan.

Mengonsumsi obat

Cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Anyang-anyangan yang terjadi akibat infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih, maupun infeksi ginjal, biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi antibiotik.

Sedangkan anyang-anyangan yang terjadi akibat infeksi jamur pada area organ intim, akan disarankan mengonsumsi obat pereda dan penghilang jamur.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan pada Perempuan

minum obat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo

Kasus anyang-anyangan pada perempuan umumnya terjadi karena uretra (tempat keluarnya air kencing) cenderung lebih pendek, sehingga mudah mengalami infeksi. Berikut kami bagikan cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan.

Antibiotik

Antibiotik adalah pilihan terbaik yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan. Berkonsultasilah dengan dokter, untuk menentukan antibiotik apa yang sesuai untuk mengatasi infeksi penyebab anyang-anyangan.

Obat antijamur

Cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan bisa juga dengan mengonsumsi obat antijamur. Perlu konsultasi dengan dokter untuk pemilihan obat antijamur yang bisa digunakan. Umumnya dokter akan meresepkan obat dalam bentuk oral, supositoria, maupun krim yang dioleskan langsung ke vagina.

Obat pereda nyeri

Pemberian obat pereda nyeri bisa juga dijadikan cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan. Parasetamol maupun ibuprofen bisa dijadikan pilihan, begitu juga obat analgesik seperti phenazopyridine. Walaupun bisa ditemukan dengan bebas di apotek, pastikan untuk tetap mengonsumsi obat sesuai petunjuk pemakaiannya.

Istirahat cukup

Cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan yakni dengan beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup akan membuat rasa nyeri yang ditimbulkan dapat mereda.

Mengosongkan kandung kemih

Mengosongkan kandung kemih bisa menjadi salah satu cara mengatasi anyang-anyangan pada perempuan. Hindari menahan keinginan buang air kecil dalam waktu lama. Sebaiknya sesegara mungkin buang air kecil dan mengosongan kandung kemih sampai tuntas.

 

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan secara Alami

Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa
Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa

Anyang-anyangan tidak hanya bisa diatasi dengan obat-obatan, namun bisa juga dengan cara tradisional. Berikut adalah acara mengatasi anyang-anyangan secara alami.

Minum perasan jeruk nipis

Meminum perasan jeruk nipis bisa dijadikan sebagai cara mengatasi anyang-anyangan secara alami. Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah.

Campurkan perasan jeruk nipis dengan beberapa sendok gula pasir, lalu tambahkan air hangat. Minumlah seduhan ini setiap muncul anyang-anyangan.

Minum sari buah sirsak

Sari buah sirsak terbukti efektif menjadi cara mengatasi anyang-anyangan secara alami. Cukup dengan merebus buah sirsak setengah matang dengan gula dan 2 gelas air sampai mendidih.

Setelah mendidih, saring ramuan tersebut untuk memisahkan ampas dari buah sirsak. Minumlah selagi hangat.

Minum air seduhan daun kumis kucing

Selain jeruk nipis dan buah sirsak, daun kumis kucing bisa dijadikan alternatif cara mengatasi anyang-anyangan secara alami. Pertama-tama, keringkan daun kumis kucing, lalu seduh dengan air panas.

Untuk menambah cita rasa, bisa juga ditambahkan gula jawa sesuai selera. Minumlah setiap pagi dan sore untuk mengatasi anyang-anyangan.

Minum air garam

Air garam dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi anyang-anyangan secara alami. Cukup dengan melarutkan beberapa sendok garam dalam air hangat, kemudian siap disajikan.

 

Anyang-anyangan bisa diatasi secara mandiri di rumah, namun tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi anyang-anyangan yang tak kunjung sembuh.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓