Cara Mengobati Asam Urat dan Kolestrol Secara Alami dan Cepat dengan Jus

Fimela Editor13 Nov 2019, 23:59 WIB
Asam Urat Tinggi, Apa Penyebabnya? (Thebigland/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan nyeri yang tak tertahankan di area persendian tulang dan tak jarang juga menimbulkan rasa panas.

Walaupun tak semua sendi pada tubuh bisa terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terkena asam urat ini yaitu jari tangan, lutut, jari kaki dan pergelangan telapak kaki.

Cara Menurunkan Kolestrol dan Asam Urat

Mengobati Asam Urat
Mengobati Asam Urat

Nyeri yang teramat sangat pada persendian menjadi ciri dari penyakit asam urat. tak jarang, penyakit asam urat ini juga dibarengi dengan penyakit kolestrol. Simak tips berikut sebagai cara menurunkan kolestrol dan asam urat.

Mengkonsumsi obat asam urat alami

Konsumsi obat asam urat alami tentunya dapat digunakan sebagai cara mengobati asam urat. Obat alami ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Yaitu ceri, pisang dan apel. Konsumsi secara rutin setiap hari agar rasa sakit tersebut berkurang.

Menghindari minuman beralkohol

Cara mengobati asam urat dan kolestrol selanjutnya yaitu dengan menghindari minuman beralkohol. Alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat dan menyebabkan serangan rasa sakit berkurang. Selain itu minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar kolestrol dan trigliserida dalam darah.

Menjaga pola makan

Pola makan bagi penderita Asam urat dan kolestrol tentunya harus diatur dengan teliti. Pasalnya harus menghindari makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi dan juga menghindari makanan laut, jeroan dan daging.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

7 Alasan Mengapa Anda Wajib Minum Air Lemon Setiap Pagi
Penasaran dengan manfaat baik air lemon? Simak ulasan berikut ini.

Selain menggonakna obat-obatan kimia, Cara mengobati asam urat juga bisa melalui bahan-bahan alami.

Air lemon

Konsumsi air lemon sebanyak 2 kali sehari. Kandungan yang ada pada lemon mampu meredakan nyeri akibat asam urat dan juga terdapat kalium yang berguna untuk menjaga fungsi ginjal dari pembentukan kristal asam urat.

Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang banyak dapat digunakan sebagai cara mengobati asam urat selanjutnya. Pada kasus ini, air putih mampu membuang asam urat pada tubuh dengan lebih cepat.Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari agar nyeri asam urat dapat teratasi.

Air rebusan jahe

Jahe dapat digunakan sebagai anti peradangan yang menyebabkan kristal asam urat dan juga meredakan nyeri yang disebabkan oleh asam urat. Kamu bisa meminum air rebusan jahe setiap pagi sebagai cara mengobati sam urat.

Cara Mengobati Asam Urat Pada Kaki

Jeroan babat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sendi di kaki merupakan tempat yang sering terasa nyeri pada penderita asam urat. untuk itu, lakukan cara mengobati asam urat berikut untuk meringankan nyeri pada kaki

Hindari makanan dengan kadar purin yang tinggi

Zat purin dalam makanan dapat menyebabkan penyakit asam urat tinggi dan menimbulkan nyeri yang hebat. Hindari makanan seperti jeroan, ekstrak daging gorengan, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Dan mulai konsumsi makanan dengan zat purin rendah seperti kol merah, kubis, paprika, kol, selada dan lain-lain.

Manfaatkan temulawak

Temulawak merupakan rempah yang bisa digunakan sebagai caara mengobati asam urat. Kandungan germakron dalam temulawak dapat meredakan nyeri asam urat karena bersifat anti inflamasi.

Rutin berolahraga teratur

Olahraga teratur dapat membuat sendi-sendi tidak kaku. Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan secara rutin dan jangan melakukan olah raga yang berat seperti menekan sendi terlalu keras.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Cepat

Ilustrasi timbangan
Ilustrasi menimbang berat badan (foto: shutterstock)

Nyeri yang ditimbulkan pada asam urat ini tentunya terasa sangat menyakitkan. Akibatnya penderita asam urat ini pasti ingin meredakan rasa sakit dengan cepat. Lakukanlah cara mengobati asam urat berikut agar nyeri dapat teratasi dengan cepat.

Hindari stres

Stres akibat pikiran tentunya juga berdampak bagi kesehatan fisik. Jika sudah menderita penyakit asam urat, disarankan untuk jangan terlalu stres agar penyembuhan bisa cepat dilakukan.

Mengontrol berat badan

Kelebihan berat badan tentunya dapat menambah beban berat pada sendi-sendi. Sehingga, rasa sakit akan yang disebabkan oleh asam urat akan semakin tak tertahankan. Lakukanlah diet bila diperlukan.

Perbanyak konsumsi kopi

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010 mengatakan bahwa mengkonsumsi 4 cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko penyebab asam urat sebanyak lebih dari 50%.

Bawang putih

Konsumsi 3-5 buah bawang putih sebagai cara mengobati asam urat dengan cepat. Bawang putih tetnunya mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan nyeri pada asam urat.

Jus untuk Menurunkan Kolestrol dan Asam Urat

Obati Sinusitis dengan Mengkonsumsi Jus Ini
Jus apel dan wortel. (via: cuisineaz.com)

Mencampurkan beberapa bahan alami menjadi tips yang sangat mudah sebagai cara untuk mengobati asam urat dan kolestrol.

Jus apel, wortel dan seledri

Campurkan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri dan 2 buah apel hijau kemudian potong kecil-kecil. Setelah semua bahan siap, langsung jus ketiga bahan tersebut. Rasa jus ini akan sedikit pahit, namun sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol dan asam urat.

Jus apel, lemon, paprika dan seledri

Cara mengobati asam urat selanjutnya yaitu dengan mencampurkan 2 buah apel, 2 buah paprika dan dua lembar seledri. Setelah ketiga bahan itu di jus lalu peras buah lemon dan jus siap dinikmati.

Jus apel, wortel, jahe, bayam, bawang putih dan peterseli

Kamu harus menyiapkan 1 genggam bayam, 1/2 sendok makan daun peterseli, 4 buah wortel, 1/2 jahe, 1 siung bawang putih dan 1 buah apel. Campurkan semua bahan ini dalam blender lalu jus secara bersamaan.

Banyak cara alternatif yang dapat dilakukan sebagai cara mengobati sama urat selain obat-obatan kimia. Tentunya hrus dibarengi dengan pola hidup sehat dan juga olahraga teratur agar penyakit asam urat dapat mereda dengan cepat.

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓