16 Cara Menghilangkan Pusing Kepala dan Mual saat Hamil dengan Cepat

Fimela Editor13 Nov 2019, 23:58 WIB
Ibu hamil lemas dan pusing saat puasa (iStock)

Fimela.com, Jakarta Pusing bukanlah suatu penyakit, namun sebuah tanda dari kondisi perubahan tubuh atau penyakit tertentu. Pusing memberikan sensasi seperti melayang, berputar, kliyengan, merasa akan pingsan, bahkan bisa juga disertai mual.

Pusing bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil dan bisa menimbulkan dampak yang berbeda pada tiap-tiap orang. Untuk itu, kami rekomendasikan berbagai cara menghilangkan pusing kepala dan mual saat hamil dengan cepat. Yuk, simak selengkapnya.

 

Cara Menghilangkan Pusing Kepala

Peppermint Oil
Manfaat peppermint oil. (Foto: pixabay.com)

Sakit kepala atau pusing kepala seringkali dialami sebagian orang. Beberapa yang memicu pusing adalah telat makan, kurang tidur, maupun stres berat. Berikut adalah cara menghilangkan pusing kepala.

Oleskan minyak peppermint

Mengoleskan minyak peppermint bisa menjadi salah satu cara menghilangkan pusing kepala. Caranya yakni dengan mengoleskan minyak peppermint ke pelipis, bagian belakang rahang dan dahi sambil memberikan pijatan.

Minyak peppermint akan menimbulkan sensasi dingin, dan aroma yang ditimbulkan akan memberikan efek menenangkan.

Konsumsi kacang almond

Mengonsumsi kacang almond bisa digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala. Kandungan salicin dalam kacang almond bermanfaat dalam menghilangkan rasa sakit, dan relatif lebih sehat dibandingkan mengonsumsi obat.

Uap dengan cuka apel

Salah satu cara menghilangkan pusing kepala yakni menggunakan uap dari cuka apel. Caranya yakni sebagai berikut.

  1. Campurkan seperempat cuka apel dengan air panas
  2. Tempatkan handuk di atas kepala,hingga menggantung di atas mangkuk
  3. Pastikan wajah tidak terlalu dekat, agar tidak terbakar oleh uap
  4. Lakukan selama 5-10 menit, sampai air mulai dingin
  5. Bersamaan dengan itu, hirup napas beberapa kali
  6. Setelah selesai, keringkan wajah dengan handuk lalu minumlah segelas air dingin.

Renggangkan, santai dan bernapas

Ketika mengalami pusing, seringkali otot-otot pun menegang. Jika memang begitu, salah satu cara menghilangkan pusing kepala yakni dengan melakukan peregangan sambil bersantai dan mengatur napas. Kegiatan yang bisa dilakukan yakni dengan mencoba yoga.

 

Cara Menghilangkan Pusing saat Hamil

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa dan Sahur
Makanan teratur saat hamil / Sumber: iStockphoto

Pusing saat hamil biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan. Pusing terjadi akibat rendahnya tekanan darah dalam tubuh. Berikut kami bagikan cara menghilangkan pusing saat hamil.

Makan teratur

Cara menghilangkan pusing saat hamil yakni dengan makan secara teratur. Makan teratur akan membuat kadar gula menjadi stabil. Keteraturan asupan makanan bagi ibu hamil bisa dengan mengonsumsi kacang almond, pisang, maupun biskuit gurih.

Gunakan pakaian longgar

Menggunakan pakaian yang longgar akan mencegah ibu hamil dari kegerahan dan kenaikan temperatur tubuh yang berlebih, sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan pusing saat hamil.

Rajin bergerak

Rajin bergerak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan pusing saat hamil, sebab bisa melancarkan sistem sirkulasi. Sebaiknya ibu hamil yang lebih banyak duduk, sesekali berjalan-jalan untuk melancarkan sirkulasi darah.

Jangan mandi dengan air panas

Salah satu cara menghilangkan pusing saat hamil yakni jangan menggunakan air panas untuk mandi. Gunakan air sesuai suhu ruangan agar tidak meningkatkan suhu tubuh.

Cara Menghilangkan Pusing dengan Cepat

Kompres Dingin untuk Redakan Sakit Kepala
Kompres Dingin untuk Redakan Sakit Kepala

Pusing bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, bahkan bisa menyerang di saat-saat penting. Untuk itulah, pusing harus diatasi dengan cepat. Yuk, simak caranya.

Kompres kepala atau wajah

Cara menghilangkan pusing dengan cepat yakni dengan mengompres kepala atau wajah. Gunakan handuk dingin untuk mengompres kepala, agar otot-otot di sekitar kepala yang menegang dapat menjadi lebih tenang.

Beri pijatan ringan pada kepala, kening, dan tengkuk

Memberikan pijatan ringan tak kalah ampuh dengan pemberian kompres, sehingga bisa dijadikan cara menghilangkan pusing dengan cepat. Pijatan ringan pada kepala, kening, maupun tengkuk akan mengendurkan otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah.

Minum secangkir kopi

Minum secangkir kopi bisa menjadi alternatif cara menghilangkan pusing dengan cepat, lho. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat dalam meringankan sakit kepala.

Konsumsi makanan yang mengandung protein

Pusing bisa terjadi sebagai tanda kekurangan gizi. Untuk itulah, mengonsumsi makanan yang mengandung protein sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan pusing dengan cepat.

Cara Menghilangkan Mual dan Pusing

Ibu hamil kurang minum. source: bu.edu
Ibu hamil jangan sampai mengalami dehidrasi. source: bu.edu

Beberapa kasus pusing yang menimpa seseorang dibarengi dengan rasa mual yang tiba-tiba muncul. Namun tidak semua rasa mual diikuti oleh muntah. Berikut kami rekomendasikan cara menghilangkan mual dan pusing.

Perbanyak konsumsi air

Mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mual dan pusing. Mual dan pusing bisa disebabkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh. Untuk itu, perbanyaklah minum air dan hindari mengonsumsi obat.

Mengonsumsi jahe

Cara menghilangkan pusing yang disertai mual yakni dengan mengonsumsi jahe atau minuman jahe. Zat kimia yang terkandung dalam jahe dipercaya dapat memengaruhi sistem saraf, lambung dan usus untuk membantu mengurangi rasa mual.

Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Salah satu cara menghilangkan pusing yang disertai mual yakni dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti pisang, nasi, biskuit dan bubur. Konsumsilah jenis makanan tersebut sedikit-sedikit namun beberapa kali. Hindari juga makanan yang braroma tajam agar tidak memperparah mual yang diakibatkan oleh pusing.

Berbaring

Beraktivitas saat pusing bisa memicu mual dan muntah. Untuk itu, cara menghilangkan pusing yang disertai mual yakni dengan menghentikan aktivitas, dan beristirahat dalam posisi duduk atau berbaring. Usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

 

Nah, ternyata ada berbagai cara menghilangkan pusing yang bisa dicoba. Hindarilah meminum obat-obatan tetapi cobalah berbagai cara aman tersebut. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓