Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis dan Lemon agar Tidak Pahit untuk Diet

Fimela Editor13 Nov 2019, 23:59 WIB
3 Resep Infused Water untuk Kembalikan Ion Tubuh

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini infused water menjadi trending dibidang kesehatan dan kecantikan. Air mineral dengan campuran buah-buahan ini dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti menyegarkan tubuh dan alternatif sumber vitamin.

Pemakaiannya yang praktis menjadikan infused water diminati dari kalangan manapun baik pria maupun watina. Penasaran gimana rasanya infused water? yuk coba membuat!

Cara Membuat Infused Water Lemon Agar Tidak Pahit

Benarkah Infused Water Bikin Tubuh Langsing?
infused water lemon

Lemon merupakan buah yang mudah ditemui dimanapun. Selain mudah ditemi, rasanya yang menyegarkan tentunya menjadi piihan bagi banyak orang membuat infused water. Tapi, terkadang infused water lemon ini meninggalkan rasa pahit. Simak tips berikut untuk mendapatkan infused water lemon agar tidak pahit.

Pastikan memilih lemon yang segar

Pemilihan lemon unutuk infused water harus menggunakan lemon yang segar. Karena cara membuat infused water sendiri yaitu merendam potongan buah dalam air. Jika menggunakan lemon yang kurang segar, maka infused water lemon akan menyisakan rasa pahit.

Botol yang digunakan harus bersih dan steril

Cara membuat infused water ini tentunya menggunakan botol sebagai wadahnya. Pastikan botol itu bersih dan steril karena jika tidak steril akan menyebabkan infused water bau dan juga tidak tahan lama.

Buang sumber rasa pahit pada lemon

Sumber pahit dalam buah lemon tentunya berasal dari kulit dan bijinya. Agar mendapatkan infused water lemon yang segar tanpa rasa pahit, kamu dapat membuang sumber pahit pada lemon.

Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis

Manfaat Infused Water
Manfaat Infused Water (iStockphoto)

Selain lemon, jeruk nipis juga kerap digunakan untuk membuat infused water. Rasanya yang segar juga menjadikan buah ini dipilih sebagai pengganti lemon.

  • Siapkan beberapa buah jeruk nipis
  • Cuci bersih jeruk nipis kemudian potong menjadi beberapa bagian dan jangan terlalu tipis
  • Buah yang masih tersisa itu peras sarinya agar rasa buah pada infused water semakin kuat
  • Masukan potongan buah kedalam botol berisi air matang, kemudian tutup rapat dan masukkan ke lemari pendingin selama 3 jam
  • setelah 3 jam infused water jeruk nipis bisa dinikmati.

Jika didiamkan dalam lemari pendingin, infused water bisa bertahan selama 2 hari. Namun, jika di diamkan disuhu ruang, infused water hanya dapat bertahan selama satu hari.

Infused water jeruk nipis ini akan meninggalkan rasa pahit, karena tidka daibuang kulitnya. Namun bagian kulit jeruk nitpis inilah yang mengandung banyak antioksidan sehinga sayang untuk dibuang.

Cara Membuat Infused Water untuk Jerawat

Infused water mentimun dan mint
Infused water mint. (Foto: shutterstock)

Selain menyajikan kesegaran, beberapa infused water juga memiliki manfaat lain. Salah satunya yaitu untuk kulit berjerawat. Beberapa cara membuat infused water dibawah ini bisa kamu gunakan untuk kulit berjerawat.

Infused water daun mint

Cara membuat infused water daun mint sangat mudah sekali. Cukup siapkan 2 tangkai daun mint, remat sedikit, kemudian rendam pada sebotol air lalu tutup rapat dan simpan di lemari pendingin. Infused water daun mint ini bisa kamu konsumsi setiap hari untuk mengatasi jerawat.

Infused water daun basil

Infused water daun basil ini mampu mengatasi inflamasi yang ada pada kulit, tentunya bagus untuk kulit yang berjerawat. Cara membuat infused water ini sama dengan membuat infused water daun mint. Cukup remat 6-8 daun basil, rendam dengan air kemudian tutup botol dan simpan dalam lemari pendingin.

Cara Membuat Infused Water untuk Diet

Manfaat Infused Water
Manfaat Infused Water (iStockphoto)

Beberapa kombinasi buah pada infused water ampuh digunakan untuk diet, yuk simak cara membuat infused water berikut.

Infused water semangka

Semangka kaya akan mineral dan juga mampu meluruhkan racun resta tumpukan lemak dalam tubuh. Cara membuatnya cukup potong dadu semangka, kemudian rendam dalam botor berisi air matang. Tutup rapat botol lalu masukkan ke lemari pendingin.

Infused water jahe dan lemon

Jahe merupakan rempah yang dapat menjadi agen detoks dalam tubuh. Cara membuatnya cukup parut setengah ruas jahe dan rendam dalam botol berisi air matang. Tambahkan lemon agar infused water lebih segar.

Infused water nanas dan daunt mint

Iris tipis buah nanas, semakin tipis kamu mengiris maka rasa yang didapat semakin kuat. Kemudian rendam dalam air dan tambahkan beberapa daun mint yang sudah diremat. Diamkan dalam kulkas dan infused water nanas dapat kamu nikmati.

Cara Membuat Infused Water Mentimun

Infused Water campuran Mentimun dan Lemon
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Infused water mentimun sangat baik digunakna sebagai obat jerawat. Selain diminum, infused water timun ini juga bisa digunakan untuk mencuci muka.

Timun dan daun mint

Cara membuatnya sangat mudah. Iris mentimun tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam botol berisi air mineral dan tambahkan rematan daun mint. Tutup rapat dan diamkan dalam kulkas selama 3 jam. Kamu bisa minum infused water ini setiap hari agar kulitmu bersih.

Timun dan Lemon

Potong timun dan lemon tipis-tipis, jangan buang kulitnya. Karena di kulit timun terdapat silika untuk membentuk kolagen pada kulit. Iris lemon tipis-tipis, buang kulit dan bijinya agar tidak pahit. Rendam dalam botol berisi air mineral kemudian tutup rapat.

Timun dan stroberi

Iris timun dan juga stroberi, kemudian masukkan ke dalam air pastikan semua buah terendam. Kemudian tutup rapat botol dan masukkan ke lemari pendingin. Cara membuat infused water pastikan kamu menggunakan air matang agar mencegah bakteri berkembang dalam air.

Cara Membuat Infused Water Apel

Jadi Langsing Cuma dengan Infused Water Apel dan Kayu Manis
Langsing hanya dengan infused water apel dan kayu manis? Begini cara buatnya. | via: foodnetwork.sndimg.com

Selain enak utnk dimakan langsung, apel juga memiliki khasiat lain dan juga bisa digunakna sebagai baah untuk membuat infused water.

Infused water satu ini bisa juga digunakan ntuk kulit berjerawat loh. Caranya sangat mudah 

  • Iris dadu apel
  • Rendam dalam botol berisi air
  • Tambahkan 2 batang kayu manis
  • Simpan selama 4 jam dan infused water apel bisa kamu minum.

Beberapa jenis buah-buahan di atas dapat kamu gunakan sebagai pengkap infused water. Buah tersebut juga bisa kamu campurkan sendiri sesuai dengan seleramu.

Lanjutkan Membaca ↓