Cara Membersihkan Belut Sebelum Diolah dan Dimasak

Febi Anindya Kirana14 Nov 2019, 12:45 WIB
belut

Fimela.com, Jakarta Belut merupakan salah satu jenis ikan yang mungkin butuh perlakuan khusus untuk membersihkannya sebelum bisa diolah menjadi berbagai makanan. Banyak orang lebih memilih tidak mengolahnya sendiri karena takut amis, pahit, dagingnya alot atau yang lainnya.

Namun jika tertarik mengolahnya sendiri dan memberi dalam keadaan mentah, ini cara membersihkan dan mengolah belut agar gurih dan nikmat.

1. Taburi

Belut biasa dijual dalam keadaan hidup. Tubuhnya sangat licin dan banyak bergerak sehingga sulit memotong dan membersihkannya. Langkah pertama, taburi garam dan diamkan. Cara ini akan membuat belut diam dan pingsan.

2. Pukul kepala dan bersihkan lendirnya

Ambil belut yang sudah diam dan pukul kepalanya dengan ulekan atau batu agar mati. Biasanya belut akan banyak bergerak jika masih hidup. Setelah itu lumuri belut dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Cuci belut setelah 5 menit untuk membersihkan lendirnya.

3. Belah perut dan buang isinya

belut goreng
ilustrasi belut/copyright Shutterstock

Buat sayatan di perut belut dan keluarkan isi perutnya karena ini yang bisa membuat belut pahit dan amis. Tarik dari bagian kepala hingga ujung peut, usahakan tidak pecah dan tercampur daging belut. Cuci bersih setelah membuang isi perutnya.

4. Potong-potong dan goreng belut

Setelah dicuci bersih, potong-potong belut sesuai selera dan lumuri sedikit garam untuk memberi rasa gurih. Goreng belut cukup setengah matang saja sebelum diolah lebih lanjut, cara ini mampu menghilangkan amisnya.

Nah, itu dia cara membersihkan dan mengolah belut sebelum jadi berbagai makanan yang disuka. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓