Makan Lebih Sedikit Di Malam Hari Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Febi Anindya Kirana17 Nov 2019, 13:15 WIB
makan mie

Fimela.com, Jakarta Jantung adalah organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Seringkali, hanya karena tidak merasakan sakit bukan berati bisa mengabaikan kondisi kesehatannya. Ada banyak pengaruh eksternal yang mampu melemahkan jantung, salah satunya kebiasaan makan yang terlalu larut di malam hari.

Penelitian yang dilakukan Nour Makarem, Ph.D., di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons, menyebutkan bahwa semakin banyak kalori makanan yang dikonsumsi saat malam hari, semakin besar risiko mengalami masalah kardiovaskuler.

Makan Sedikit Malam Hari Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi makan tengah malam
Ilustrasi makan tengah malam (sumber: iStockphoto)

Penelitian yang melibatkan 112 perempuan usia 3 tahun ini menyebutkan bahwa partisipan yang mengaonsumsi lebih banyak kalori makanan di atas jam enam malam memiliki kesehatan jantung yang lebih buruk. Parahnya lagi, setiap kenaikan 1% kalori pada makanan di atas jam enam malam, semakin turun kesehatan jantung.

Tekanan darah dan berat badan cenderung naik sehingga kerja jantung akan semakin berat dan risiko mengalami kolesterol tinggi, hipertensi, serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya semakin tinggi.

Jadi, jangan abaikan kebiasaan makan setiap hari ya ladies, akan lebih baik jika tidak makan malam terlalu malam untuk menjaga kesehatan jantung.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓