Sukses

Lifestyle

Daftar Penerima Anugerah Menteri Kesehatan 2019

Fimela.com, Jakarta Anugerah Menteri Kesehatan 2019 memberikan penghargaan pada tokoh yang terlibat meningkatkan pelayanan dan pembangunan kesehatan di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto tepat di Hari Kesehatan Nasional di Gedung Sujudi, Kementerian Kesehatan, Jakarta (12/11).

Penerima penghargaan Anugerah Menteri Kesehatan 2019 terdiri atas tiga kategori. Yaitu Inovasi Mewujudkan Keluarga Sehat, Inovasi untuk Upaya Menurunkan Angka Kesakitan, dan Inovasi untuk Pemberdayaan Masyarakat untuk Hidup Sehat.

Melansir dari liputan6.com, Menteri Terawan berharap dapat terus bekerja sama dalam inovasi percepatan pembangunan kesehatan bersama para penerima Penghargaan Anugerah Kesehatan. Penghargaan ini diharap memicu dan mendorong masyarakat luas makin semangat berkarya.

Berikut daftar penerima penghargaan;

Inovasi untuk Mewujudkan Keluarga Sehat

1. Sulistyo Triantono Putro dari Kota Probolinggo: Si Inol Aja (Arisan Jamban)

2. Maryam M dari Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan: Banua Merah (Membantu anak Meraih Harapan) - Perbaikan gizi sejak dini

3. Doding Komarudin dari Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat: Kampung Donor Darah

 

 

Penerima Penghargaan Individu yang Berjasa dalam Bidang Kesehatan

1. Endang Puspitowati dari Kabupaten Gresik: TB dengan Pendekatan Keluarga

2. Soedarsono dari Surabaya: TB Dots

3. Agung Budi Sutiono dari Kota Bandung: Sistem Rujukan Online pada Pasien Cedera Kepala

Inovasi untuk Pemberdayaan Masyarakat untuk Hidup Sehat

1. Suryati dari Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat: BUGIZA (Lumbung Gizi Desa)

2. Pungut Sunarto dari Kabupaten Jayapura, Papua: Kampung Malaria

3. Josrizal Zain dari Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat: Kota Peduli Sanitasi

4. Sumarmi dari Kabupaten Buru, Maluku: TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

 

 

Penerima Penghargaan Individu

1. Damayanti Soetjipto

Damayanti yang merupakan Ketua Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian) adalah pegiat kesehatan di bidang pendengaran.

2. Sanusi

Bupati Malang, Sanusi mewujudkan Kabupaten Malang Sehat Jantung melalui replikasi program SMARThealth

3. Eddy Sariaatmadja

Eddy menerima penghargaan individu sebagai salah satu sosok yang aktif dalam bidang pembangunan kesehatan Indonesia. President Commisioner EMTEK itu aktif dalam pelayanan kesehatan dengan mendirikan Yayasan Karya Alfa Omega Foundation. Lewat yayasan tersebut Eddy juga rutin membantu warga kurang mampu untuk menjalani operasi hernia hingga bibir sumbing.

Apresiasi dari Eks Menkes Nila Moeloek

Menteri Kesehatan Periode 2014-2019, Nila Farid Moeloek yang hadir dalam acara ini juga juga mengapresiasi langkah Eddy Sariaatmadja dalam memberikan pelayanan dalam bidang pelayanan kesehatan.

"Kami mengapresiasi beliau, apa yang telah dicapai. Ini sebagai bukti bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun kesehatan," kata Nila menerangkan.

"Butuh kerja sama kita semua. Saya melihat Pak Eddy fokus membangun pelayanan kesehatan," lanjut wanita yang juga dokter spesialis mata ini.

Apresiasi Nila tak hanya mengenai fokus Eddy dalam memberikan pelayanan kesehatan tapi juga pendidikan. Pria penerima Doctor Honoris Causa pada 2014 dari University of New South Wales, Sydney ini aktif memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan S3 dan konsultan pada bidang pediatrik dan mata di Universitas Indonesia.

"Saya sempat berbincang-bincang dengan Pak Eddy. Beliau ikut andil meningkatkan bidang pendidikan. Kalau tidak salah, beliau menyekolahkan anak-anak sampai S3," lanjut Nila.

Dari perbincangan, Nila mengatakan bahwa mimpi Eddy di dunia kesehatan Indonesia tinggi. Ia ingin agar pelayanan kesehatan Indonesia tidak kalah dari negara tetangga dan lainnya.

"Saat ini kami belum bisa mencapai apa yang diinginkan beliau, tapi saya akan berusaha untuk meraih kembali mimpinya Pak Eddy. Saya ingin mengembalikan mimpi beliau, terutama bagaimana cara mengembalikan pelayanan kesehatan agar pelayanan kesehatan di negeri sendiri tidak kalah dengan negara lain," tutur Nila usai acara.

Simak Video Menarik Lainnya

#GrowFearless with FIMELA 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading