Minum Kopi Setiap Hari Terbukti Cegah Obesitas, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana15 Nov 2019, 13:45 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Selalu ada banyak kontroversi kesehatan terkait kopi. Beberapa penelitian mengatakan kopi tak baik untuk kesehatan dan beberapa lainnya mengatakan kopi baik untuk kesehatan. Sekali lagi, sebuah penelitin menyebutkan bahwa kopi baik untuk kesehatan, yaitu dapat mencegah kegemukan hingga obesitas.

Penelitian yang dilakukan di University of Nottingham, United Kingdom menyebutkan bahwa minum secangkir kopi per hari mampu melawan lemak penyebab kegemukan dan obesitas.

Kopi Membantu Membakar Lemak

kopi
ilustrasi kopi/Photo by Chevanon Photography from Pexels

Peneliti menjelaskan, ada dua macam lemak di dalam tubuh, yaitu lemak cokelat dan lemak putih atau kuning. Lemak cokelat atau lebih sering disebut lemak baik, membantu mengubah nutrisi di dalam tubuh dan mengolah lemak menjadi energi. Sedangkan lemak putih atau kuning merupakan bentuk simpanan lemak dari kalori berlebihan yang kita makan.

Dengan kata lain, lemak cokelat membantu menjaga berat badan ideal. Lemak cokelat mengubah makanan menjadi energi dengan mengaktifkan protein yang bernama protein 1 (UCP1). Nah, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini menyebutkan bahwa kafein pada kopi mampu meningkatkan kadar UCP1 dan meningkatkan metabolisme sel sehingga mampu mempercepat pembakaran lemak tubuh.

Jadi, daripada kalori disimpan di dalam tubuh menjadi lemak kuning atau putih yang membuat gemuk, kafein membantu mengubah nutrisi dan kalori tersebut sebagai energi tubuh. Wah, kabar baik sekali ya untuk para pecinta kopi. Selama kopi dikonsumsi secar tidka berlebihan, memang memberi banyak manfaat pada tubuh.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓