Hilang Kepercayaan, Dampak Mengerikan dari Perselingkuhan

Mimi Rohmitriasih15 Nov 2019, 13:15 WIB
Perselingkuhan

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan menjadi hal yang paling menyakitkan dalam hubungan. Baik ketika hubungan tersebut masih sebatas pacaran atau sudah ke arah yang lebih serius yakni pertunangan hingga pernikahan, perselingkugan tetap menjadi momok tersendiri yang dengan mudahnya bisa menghancurkan hubungan.

Melansir dari laman elitedaily.com, dampak perselingkuhan tak hanya membuat hubungan berakhir di tengah jalan. Lebih mengerikan dari itu, dampak perselingkuhan bisa membuat korban hilang kepercayaan. Ini juga bisa membuat korban menjadi pribadi yang menutup diri.

Perselingkuhan Menurunkan Rasa Percaya Diri

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Nina Rubin, seorang coach life mengungkapkan jika kasus perselingkuhan bisa membuat seseorang terutama korbannya hilang kepercayaan. Kepercayaan ini bisa kepercayaan terhadap orang lain atau kepercayaan terhadap dirinya sendiri.

Orang yang menjadi korban perselingkuhan akan sulit mempercayai orang lain. Tak hanya percaya pada pasangan, orang-orang ini juga rentan tak percaya pada keluarga, sahabat, kerabat terlebih orang-orang yang baru dikenalnya. Perselingkuhan membawa emosi dan pikiran yang kompleks terntang sakit hati, kecewa, marah, malu, bingung, khawatir dan penghinaan.

Ketika seseorang diselingkuhi atau dikhianati cintanya, ini akan menurunkan harga dirinya. Secara tidak langsung ini akan membuatnya merasa sangat malu dan kecewa di waktu yang sama. Cherlyn Chong, seorang pakar kencan mengatakan, "Dirimu tak hanya kehilangan hubungan tetapi juga rasa percaya diri. Dirimu kehilangan rasa percaya diri dan kebanggaan karena dirimu akan terus membandingkan dirimu dengan orang yang dianggap lebih baik oleh pasanganmu."

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓