Ini Penyebab Langsung Kebelet Buang Air Besar Setelah Makan

Febi Anindya Kirana15 Nov 2019, 16:14 WIB
buang air besar

Fimela.com, Jakarta Umumnya, perut akan melakukan proses mencerna lebih dulu ketika makanan masuk ke dalam perut. Meski demikian, beberapa orang bisa merasa ingin buang air besar setelah makan. Apakah ini normal?

Well, ternyata hal ini cukup normal. Beberapa orang memang bisa merasa ingin buang air besar setelah makan. Faktanya, beberapa orang harus mengalami proses mencerna makanan hingga 2 hari lamanya sebelum bisa dikeluarkan dari tubuh.

Penyebab paling masuk akal orang ingin buang air besar segera setelah makan adalah refleks gastrokolik, seperti dijelaskan dalam Medical News Today. Refleks ini adalah reaksi tidak sadar yang normal terjadi terhadap makanan yang masuk ke lambung. Namun intensitasnya berbeda untuk setiap orang.

Ingin Buang Air Besar Setelah Maka Itu Normal

perempuan makan
ilustrasi makan ayam goreng/copyright by Twinsterphoto from Shutterstock

Orang yang merasa ingin buang air besar segera setelah makan kemungkinan besar mengeluarkan makanan yang sudah ada di dalam perut satu hingga dua hari sebelumnya. Jadi secara ilmiah, makanan tidak tiba-tiba bisa dikeluarkan setelah masuk ke dalam perut.

Bukan hanya itu, jenis makanan tertentu yang dimakan juga berpengaruh terhadap pergerakan usus. Jika orang lebih banyak makan makanan berserat, umumnya metabolisme tubuh akan lebih cepat dan perut lebih penuh sehingga lebih sering ingin buang air besar.

Jadi, tak perlu heran jika merasa ingin buang air besar setelah makan, karena ternyata itu sangat normal secara kesehatan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓