Bukti Studi, Peminum Kopi Punya Organ Hati Lebih Sehat

Febi Anindya Kirana16 Nov 2019, 16:15 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi memiliki banyak pengaruh dalam hal kesehatan tubuh. Kopi mungkin bukan minuman yang disarankan diminum ibu hamil, namun orang normal, minum kopi punya banyak manfaat, salah satunya menjaga kesehatan organ hati atau liver.

Sebuah penelitian dalam jurnal Liver International menyarankan orang untuk minum kopi secara teratur setiap hari karena membantu menjaga kesehatan hati. Kopi diketahui membantu mencegah penumpukan lemak di hati yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kopi yang dikonsumsi setiap hari membantu menurunkan risiko penyakit hati kronis dan menjaga kerusakan hati dari kanker hati.

Kopi Baik untuk Kesehatan Hati

biji kopi
Photo by Georgi Petrov from Pexels

Penelitian tahun 2014 dalam Journal of Clinical Gastroenterology Trusted Source juga menyebutkan bahwa kopi memberi efek melindungi liver karena memberi pengaruh kadar enzim yang sehat pada hati. Kandungan antioksidan dalam kopi yang kuat membantu mencegah lemak tertimbun sehingga kinerja liver tidak terganggu.

Jadi, jika ingin menjaga kesehatan hati, mungkin ada baiknya jika kamu mulai minum secangkir kopi per hari ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓