Darah Menstruasi Berwarna Merah Muda, Ini yang Sedang Terjadi Pada Tubuh

Febi Anindya Kirana18 Nov 2019, 14:45 WIB
menstruasi perempuan

Fimela.com, Jakarta Ketika mengalami siklus menstruasi, salah satu hal yang kemungkinan besar akan disadari setiap perempuan adalah warna darah menstruasi. Selama menstruasi darah yang keluar dari tubuh bisa menunjukkan warna yang berbeda, dan warna darah ini bisa menunjukkan kondisi kesehatan tertentu pada tubuh.

Salah satu warna darah menstruasi yang terkadang bisa terjadi adalah merah muda, seperti dilansir dari Medical News Today. Darah yang berwarna merah muda selama menstruasi sebenarnya cukup sering terjadi, ini adalah tanda darah menstruasi bercampur dengan cairan serviks sehingga lebih pudar dari darah biasanya.

Tanda Anemia

Menstruasi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Warna merah muda pada darah menstruasi bisa jadi adalah tanda anemia atau diet yang tidak seimbang. Perempuan yang mengalami menstruasi seperti ini kemungkinan sedang mengalami penurunan berat badan secara signifikan karena diet yang tak sehat.

Pil KB juga bisa jadi penyebabnya. Penggunaan pil KB atau obat-obatan yang mengendalikan hormon dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, yang berakibat pada lebih pudarnya warna darah yang keluar selama menstruasi. Ketika tidak sedang menstruasi, darah warna pink ini juga keluar dari vagina karena ada goresan disebabkan oleh hubungan intim.

Jadi, selalu ketahui seperti apa warna darah menstruasimu untuk mengetahui kondisi kesehatanmu ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓