Warna Darah Menstruasi Orange, Seperti Ini Kondisi Kesehatanmu

Febi Anindya Kirana18 Nov 2019, 18:15 WIB
warna darah menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus reproduksi bulanan yang ditandai dengan proses keluarnya darah dari vagina, lebih tepatnya rahim, sebagai penanda bahwa seorang perempuan sedang bersiap untuk hamil. Namun jika tidak mengalami pembuahan, darah tersebut akan luruh dan dibuang dari dalam tubuh.

Umumnya darah yang keluar berwarna merah, namun beberapa perempuan mengalami menstruasi dengan warna darah orange. Ternyata hal ini bisa mengungkap seperti apa kondisi kesehatanmu.

Warna darah orange saat menstruasi mengindikasikan adanya infeksi, seperti vaginosis bakterialis atau trikomoniasis. Jika warna orange terjadi sepanjang siklus menstruasi hingga selesai, sebaiknya jangan diabaikan.

Warna Darah Menstruasi Ungkap Kondisi Kesehatan

Menstruasi/mlg
Ilustrasi siklus menstruasi/copyright shutterstock

Keluarnya warna darah orange seperti ini biasanya diikuti dengan gejala lain seperti gatal di area vagina atau bau menyengat yang tak sedap, seperti dilansir dari Medical News Today.

Meski demikian, menstruasi seperti ini juga bisa menunjukkan darah bercampur dengan cairan serviks sehingga lebih pudar. Selain berwarna merah muda, darah yang bercamur cairan serviks juga bisa berwarna orange.

Meski memang tidak selalu menunjukkan infeksi atau adanya masalah kesehatan, namun lebih baik berjaga-jaga ya ladies.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓