Tips Agar Pangsit atau Wonton Tidak Pecah Saat Direbus

Febi Anindya Kirana19 Nov 2019, 09:15 WIB
pangsit siomay

Fimela.com, Jakarta Terkadang orang yang membuat pangsit, wonton atau siomay harus berhati-hati ketika melipat atau membentuk kulit wonton agar tidak pecah atau bocor saat direbus. Meskipun tetap terasa enak, namun penampilannya jadi tak cantik. Ini caranya agar pangsit atau wonton tidak pecah saat direbus atau dikukus.

1. Jangan buat terlalu tipis

Buat kulit pangsit yang tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis seperti kulit martabak. Gilas tipis namun cukup kokoh ketika diisi dan direbus.

2. Jangan terlalu banyak isi

Meski dimakan sendiri, akan lebih baik jika isiannya tidak terlalu banyak. Isi secukupnya saja agar pangsit tidak terlalu penuh. Jika terlalu penuh bisa membuatnya mudah hancur atau rekatan kulitnya terbuka saat direbus.

3. Jangan terlalu kering

kulit pangsit
ilustrasi mengisi pangsit/copyright By HelloRF Zcool from Shutterstock

Jika membeli atau membuat sendiri, pastikan kulit pangsit tidak kekurangan air sehingga hasilnya padat dan kaku. Jika kulit pangsit kaku makan akan susah dibentuk dan sobek bahkan sebelum direbus.

4. Beli yang khusus untuk pangsit basah

Terkadang di pasar ada beberapa jenis kulit pangsit yang dijual, yaitu kulit pangsit basah (untuk dikukus atau direbus) dan kering (untuk digoreng). Jika tidak cocok penggunaannya, hasilnya juga tidak sesuai harapan.

5. Isian jangan terlalu basah

Isian yang dibuat terlalu basah atau kebanyakan menambahkan air bisa membuat kulit pangsit susah direkatkan atau rapuh sehingga mudah sobek ketika dimasak.

Itu dia sekian tips atau cara agar kulit pangsit tidak pecah atau sobek saat direbus. Semoga bisa membantu saat memasak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓