Studi Temukan Cara Ampuh Redakan Sakit Jelang Masa Menstruasi

Karla Farhana19 Nov 2019, 14:30 WIB
[Fimela] Tampon

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian perempuan, tidak ada rasa sakit yang lebih mengganggu dari rasa sakit menjelang menstruasi, yang biasa disebut dengan menstrual symptoms. Mulai dari sakit perut, sakit pinggang, sakit kepala, sulit buang air, munculnya begitu banyak jerawat besar, hingga masalah tidur. 

Biasanya, sebagai orang Indonesia, jamu kunyit asam menjadi obat paling ampuh untuk meredakan gangguan ini. Sebagian perempuan lainnya malah hanya membutuhkan waktu istirahat yang lebih, seperti tidur. Atau obat pereda nyeri haid yang bannyak dijual di apotek. 

Namun, pernahkah Sahabat Fimela mendengar cara-cara lain yang ternyata lebih ampuh dibandingkan dengan cara-cara yang sudah biasa kamu lakukan dan dengar? Hello Giggles menulis, ada beberapa studi yang mencari cara yang paling ampuh untuk meredakan setiap gangguan menjelang haid. 

Sakit Perut

Sebuah penelitian yang dilakukan J Educ Health Promot dan diterbitkan pada 2018 menunjukkan, olahraga justru menjadi cara yang paling aman dan ampuh untuk meredakan sakit perut menjelang menstruasi. Seperti olahraga peregangan atau bersepeda. Sahabat Fimela juga bisa meredakannya dengan menaruh botol kaca berisikan air hangat atau heating pad. 

Sakit Punggung atau Pinggang

[Fimela] Ilustrasi Menstruasi
Ilustrasi Menstruasi | unsplash.com/@erol

Seorang ahli kesehatan perempuan Dr. Jennifer Wider merekomendasikan stretching dan heat massage untuk meredakan nyeri pungung atau pinggang. 

Perut Kembung

Kamu selalu merasa kembung selama masa menstruasi atau seminggu sebelumnya? Cobalah untuk mengurangi konsumsi sodium, terutama pada sup yang biasa kamu santap. Wider mengatakan kepada Hello Giggles, minum banyak air mineral dan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium juga dapat mengurangi perut kembung. 

Gangguan Tidur

Tidurmu cenderung kurang atau tidak berkualitas seminggu sebelum haid? Wider mengatakan hal ini wajar dan juga terjadi pada banyak perempuan di dunia ini. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh hormon yang drop menjelang haid hari pertama. Untuk menanggulangi masalah ini, Sahabat Fimela bisa mencoba berbagai cara sehat yang dapat meningkatkan kualitas tidur seperti teh chamomile hangat. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓