Darah Menstruasi Berwarna Merah Cerah, Ini Artinya Secara Kesehatan

Febi Anindya Kirana19 Nov 2019, 15:16 WIB
menstruasi

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan perempuan mengalami siklus menstruasi di mana darah keluar dari vagina untuk dibuang. Umumnya warna darah menstruasi adalah merah cerah hingga merah pekat. Meski sudah umum diketahui namun ternyata warna darah menstruasi juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tubuh.

Warna merah pada darah menstruasi secara umum adalah tanda yang sehat, seperti disebutkan dalam Medical News Today. Dimulainya menstruasi ditandai dengan keluarnya darah merah cerah dan akan menggelap menjelang kahir menstruasi. Beberapa perempuan bahkan melihat darah menstruasi mereka tetap merah cerah hingga akhir.

Warna Merah Darah Menstrusi Tanda yang Sehat

menstruasi perempuan
ilustrasi pembalut menstruasi/copyright By La corneja artesana (Shutterstock)

Meski demikian, bercak merah yang tidak bisa selama menstruasi bisa jadi tanda infeksi penyakit kelamin menular seperti klamidia atau gonore. Umumnya ditandai dengan pendarahan yang luar biasa, berat dan lebih lama dari biasanya.

Meskipun jarang terjadi namun ada kemungkinan pula darah merah selama menstruasi menjadi tanda kanker serviks jika menstruasi terasa berat, menyakitkan, kram di berbagai bagtian tubuh, diiringi dengan bau tak sedap, kehilangan nafsu makan dan turun berat badan tanpa alasan.

Selama warna darah menstruasi merah cerah dan tidak ada tanda-tanda aneh yang dialami selama menstruasi, berarti kamu sehat Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓