Sukses

Lifestyle

Cemburu Buta Ternyata Tanda Narsisme, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Menjalin hubungan cinta memang tak pernah mudah. Kita akan dihadapkan pada banyak hal, salah satunya adalah kecemburuan. Mungkin cemburu adalah hal biasa dalam hubungan cinta, namun kadarnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang dan hal ini bisa jadi penanda untuk mengungkap seperti apa kita secara psikologis.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Psychology menemukan bahwa cemburu buta atau kecemburuan berlebihan bisa jadi tanda narsisme. Dalam penelitian tersebut dijelaskan, ada dua jenis narsisme yang bisa dibedakan, yaitu narsisme grandiose dan narsisme vulnerable.

Narsisme grandiose adalah jenis narsisme yang biasanya kita kaitkan dengan sikap narsis yang umum seperti sombong, egois, mau menang sendiri, menolak mengakui kesalahan, tidak maslaah menyakiti orang lain untuk membuat dirinya sendiri unggul dan lain sebagainya.

Cemburu Buta adalah Tanda Narsisme

Sedangkan narsisme vulnerable adalah jenis narsisme yang rentan dan pasif atau tidak mendominasi. Sikap yang biasa ditunjukkan seperti pemalu, cemas, minder, memiliki self-esteem rendah dan mudah terpengaruh dan diatur oleh opini orang lain. Dan jenis inilah yang akan menunjukkan kecemburuan berlebihan yang tak beralasan.

Keduanya sama-sama sangat sensitif terhadap kritikan orang lain dan punya ego tinggi, dan kedua sikap ini sama-sama bersifat racun dalam hubungan cinta, ladies.

Akan lebih baik jika kedua belah pihak yang terlibat dalam cinta seperti ini membicarakan masalah ini untuk mendapatkan solusi atau mungkin bisa jadi pertimbangan bagi banyak orang apakah ingin bertahan dalam hubungan tersebut atau melepaskannya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading