Cara Menyimpan Jamur Kancing Agar Tahan Lebih Lama

Mimi Rohmitriasih20 Nov 2019, 09:45 WIB
Jamur Kancing

Fimela.com, Jakarta Jamur kancing menjadi salah satu jamur yang disukai oleh hampir semua orang. Jamur kancing juga bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita baik di pasar tradisional atau supermarket.

Jamur kancing merupakan jamur yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Harganya juga terbilang terjangkau untuk semua kalangan. Bicara mengenai jamur kancing, kali ini Fimela punya cara untuk menyimpan jamur kancing agar lebih tahan lama.

Penasaran seperti apa caranya? Simak yang berikut ini.

Cara Menyimpan Jamur Kancing

Jamur Kancing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Nataliia Zhekova
  1. Beli jamur kancing yang masih segar alias baru dipetik. Jamur yang masih baru terlihat fresh dengan permukaan jamur yang cukup keras segar.
  2. Cuci bersih jamur dengan air mengalir dan hilangkan kotoran yang menempel. Tiriskan jamur dan usahakan agar permukaan jamur kering.
  3. Simpan jamur di wadah tertutup kedap udara, masukkan ke dalam lemari es atau simpan di suhu ruang. Jamur yang disimpan dengan cara ini bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari.
  4. Untuk mendapatkan jamur yang lebih tahan lama, setelah jamur dicuci bersih, iris jamur tips-tipis kemudian masukkan ke dalam sedikit air yang telah diberi garam.
  5. Rebus jamur bersama air dan garam sampai mendidih dengan api besar. Angkat jamur dan tiriskan.
  6. Cuci lagi jamur kemudian tiriskan dan simpan di wadah kedap udara. Masukkan wadah jamur ke dalam lemari es dan jamur bisa bertahan lebih lama.
  7. Jika ingin jamur bertahan lebih lama sampai 2 minggu atau lebih, Sahabat Fimela bisa menyimpan jamur di freezer.

Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba. Tips dapur yang sangat mudah bukan?

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓