Rutin Liburan Bukan Gaya-gayaan Semata, Ini 4 Manfaat Sehatnya

Endah Wijayanti22 Nov 2019, 07:15 WIB
traveling hujan HL

Fimela.com, Jakarta Kesibukan kerja dan rutinitas yang padat memang sangat melelahkan. Untuk itulah kita butuh yang namanya istirahat dan berlibur. Berlibur bukan semata-mata untuk gaya-gayaan atau untuk dipamerkan di media sosial. Rutin berlibur bisa memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan kita.

Dilansir dari inc.com, ada empat alasan ilmiah kenapa liburan sangatlah diperlukan. Dengan rutin liburan, dampaknya pada kesehatan tubuh akan sangat positif. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Mengurangi Stres

Sebuah penelitian dari American Psychological Association menyebutkan bahwa berlibur bisa mengurangi stres karena bisa menjauhkan aktivitas dan lingkungan pemicu stres dan kecemasan. Saat kita sudah sangat jenuh dan capek dengan rutinitas pekerjaan dan sebagainya, berlibur dapat membantu mengurangi stres.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Ada penelitian yang menemukan bahwa perempuan yang berlibur sekali dalam enam tahun atau bahkan kurang, delapan kali berisiko lebih tinggi mengalami penyakti jantung, terkena serangn jantung, atau meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan koroner dibandingkan yang berlibur setidaknya dua kali dalam setahun. Berlibur secara berkala sangatlah penting untuk kesehatan kita.

 

3. Meningkatkan Produktivitas

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling. Sumber foto: unsplash.com/Guilherme Stecanella.

Sebuah penelitian dari Boston Consulting Group menemukan bahwa orang-orang profesional yang mengambil waktu untuk berlibur secara signifikan lebih produktif dibandingkan yang hanya menghabiskan waktu untuk bekerja. Untuk bisa produktif, kita perlu punya tingkat fokus yang konsisten. Demi menjaga konsistensi dan kemampuan fokus tersebut, sesekali kita perlu mengambil jeda untuk berlibur. Setelah berlibur dengan suasana hati yang lebih baik, bekerja jadi lebih semangat dan bahagia. Produktivitas pun meningkat.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Sulit tidur dan sering merasa sulit mendapat tidur nyenyak merupakan tanda kita sedang terlalu banyak pikiran. Bila kondisi ini tak segera diatasi, produktivitas dan keseharian kita akan terganggu. Produktivitas kerja pun akan menurun. Para peneliti menyebutkan bahwa liburan dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Bila belakangan ini sering merasa sulit tidur nyenyak karena kecemasan atau tekanan, coba berlibur sejenak untuk memperbaiki pola tidurmu.

Jadi, sudahkah ada rencana berlibur dalam waktu dekat? Tubuh dan pikiran bagaimanapun tetaplah butuh istirahat supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓