Tubuh Sangat Letih tapi Susah Tidur, Apa Penyebabnya?

Endah Wijayanti22 Nov 2019, 15:15 WIB
tak bisa tidur

ringkasan

  • Terlalu Aktif Jelang Waktu Tidur
  • Perubahan Hormon
  • Kelelahan Adrenal
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Badan sudah sangat letih. Bahkan rasa kantuk pun mulai menghampiri. Namun, anehnya ketika berusaha untuk tidur, malah sulit sekali untuk bisa langsung memejamkan mata untuk istirahat. Hm, pernah mengalami kondisi seperti itu?

Rasanya jelas sangat tidak nyaman. Kita merasa butuh tidur tapi ketika berusaha untuk tidur tak kunjung bisa mengistirahatkan diri sepenuhnya. Penyebab atas kondisi ini bisa karena sejumlah hal.

1. Depresi

Dilansir dari besthealthmag.ca, dampak dari depresi bisa memengaruhi kondisi tubuh kita. Kita bisa saja merasa sangat lelah dan tidur seharian, tapi bisa juga malah tak bisa tidur sama sekali. Bahkan gangguan tidur ini bisa membuat kita mudah terbangun pada tengah malam setiap hari.

2. Terlalu Aktif Jelang Waktu Tidur

Terlalu banyak aktivitas jelang waktu tidur bisa menyulitkan kita untuk istirahat. Ada baiknya untuk selalu memberi jeda dalam waktu jelang tidur kita. Setidaknya selalu kondisikan diri senyaman mungkin sebelum tidur. Saat pikiran dan tubuh sudah lebih rileks, maka kita bisa lebih mudah tidur. Melakukan meditasi, baca buku, atau mandi air hangat bisa jadi cara untuk membantu menenangkan tubuh dan pikiran untuk bisa cepat tidur.

 

3. Perubahan Hormon

tidur saat haid
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sebagai perempuan, kita sangat rentan mengalami masalah tidur saat sedang haid. Hal ini berkaitan dengan rasa sakit pada tubuh dan perubahan suasanan hati. Perubahan hormon yang terjadi juga dapat membuat kita kesulitan tidur. Kehamilan juga jadi salah satu alasan sulit tidur. Meningkatnya hormon progesteron membuat kita jadi mudah terbangun saat tidur karena harus ke kamar kecil pada trimester pertama.

4. Kelelahan Adrenal

Adrenal fatigue atau kelelahan adrenal bisa jadi penyebab kita sulit tidur padahal tubuh sudah sangat letih. Kondisi stres berkepanjangan menyebabkan kelenjar adrenal sangat aktif bekerja. Penting untuk selalu mengondisikan rutinitas dan kebiasaan harian yang lebih seimbang. Jaga pola makan sehat dan selalu istirahat cukup bisa jadi langkah pertama yang perlu dilakukan agar bisa mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Bila merasa mengalami masalah atau gangguan kesehatan terkait kesulitan tidur pada malam hari, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓