Terapkan Diet Vegan Terbukti Bisa Cegah Demensia Saat Tua

Febi Anindya Kirana22 Nov 2019, 13:12 WIB
makan vegan

Fimela.com, Jakarta Diet berbasis tumbuhan seperti makan sayuran, buah, kacang dan biji-bijian mungkin tidak tampak menarik untuk banyak orang. Daging memiliki citarasa tersendiri yang sulit tergantikan dengan makanan dari tumbuhan, dan inilah seringkali yang menjadi alasan tidak banyak orang menjadi vegetarian.

Meski demikian, menerapkan pola makan dengan memperbanyak makanan vegan ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, namun juga mencegah penurunan fungsi kognitif dalam jangka panjang.

Sebuiah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical NutritionTrusted Source menemukan bahwa menerapkan diet vegan atau pola makan berbasis tumbuhan dan mengurangi konsumsi daging selama usia paruh baya mampu menurunkan risiko penurunan fungsi kognitif secara signifikan saat usia tua.

Diet Vegan Bantu Jaga Otak Sehat

otak sehat saat tua
Photo by Edu Carvalho from Pexels

Penelitian yang dilakukan di National University of Singapore's (NUS) Saw Swee Hock School of Public Health dan Duke-NUS Medical School ini melibatkan 63.257 orang Cina yang hidup di Singapura dan mengevaluasi kebiasaan makan mereka. Hasilnya, mereka yang menerapkan diet berbasis tumbuhan dan sedikit daging mengalami penurunan risiko menderita masalah kognitif sebesar 18 hingga 33% seperti mengalami demensia Alzheimer dan lainnya.

Jadi, semakin tua memang sebaiknya lebih sadar kesehatan dan mengubah pola makan dengan mengurangi konsumsi daging ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓