Angkat Topik Mental & Wellness, Humanize Us Ajak Masyarakat Jelajahi Social Experiment

Fimela Editor22 Nov 2019, 15:00 WIB
Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Di era global ini, penggunaan sosial media sudah menjadi rutinitas masyarakat, mulai dari aplikasi mengirim pesan, hingga berbagai foto dan video. Hal ini membuat masyarakat menjadi konsumtif terkait aktivitasnya di sosial media, sehingga tanpa disadari hal tersebut berdampak langsung pada kesehatan mental penggunanya. Untuk itu kita diharapkan untuk lebih bijaksana dan mawas diri dalam penggunaan sosial media.

Sosial media sebenarnya membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat, misalnya saja memudahkan komunikasi antar personal atau kelompok, namun jika tidak dicerna dengan baik maka akan muncul dampak negatif bagi para penggunanya, salah satunya kesehatan mental.

Mengingat sudah banyak kasus yang terjadi terkait kesehatan mental yang disebabkan oleh sosial media seperti bullying hingga penyebaran hoax, masyarakat diharapkan bisa menjaga dan mengontrol konten di sosial media.

Diinisiasi oleh Monstore & Maika yang berkolaborasi bersama Gushcloud & TEAMUP, yang merasakan meningkatnya aktivitas sosial masyarakat dalam sosial media membuat mereka menjadi toxic dan tidak sehat. Menurut Martin Anugrah, seorang influencer yang hadir pada acara pembukaan Humanize Us mengatakan jika sudah merasa toxic sebaiknya berhenti dulu.

“Perlu atau tidaknya berhenti dari sosial media itu tergantung individunya, jika dia merasa butuh detoks, ya lakukan daripada nantinya semakin toxic.” ujarnya.

 

5 ruangan instalasi labirin

Humanize Us
Humanize Us, suguhkan rangkaian acara dan pameran instalasi seputar kesehatan mental (Foto: dokumen Humanize Us)

Untuk pertama kalinya Humanize Us hadir mengangkat isu sosial dalam bentuk talk show, dan pemeran instalasi. Pengunjung akan dibawa untuk menikmati dan menafsirkan pengalaman mereka sendiri dalam lima ruangan instalasi labirin dengan tema The origin, The Exaggeration, The Emphaty, The Honesty, dan The Society.

Terletak di Plaza Indonesia Level 4, Setiap ruang instalasi dalam bentuk labirin di Humanize Us ini terinspirasi dari pengalaman manusia di setiap pertemuan dengan sosial ataupun dirinya sendiri. Para pengunjung juga bebas berfoto di dalam ruang instalasi ini.

Tak hanya instalasi, Humanize Us juga memiliki rangkaian talkshow bersama lebih dari 30 pembicara seperti Gisella Anastasia, Ben Soebiakto, Ayla Dimitri, Aakar Abyasa dan masih banyak lagi. Tujuannya untuk mengangkat mindfullness dari berbagai macam profesi dengan mengambil angle mental health, wellness, dan social media dari sudut pandang lifestyle, bisnis, dan self love.

Harga tiket untuk instalasi Humanize Us sebesar Rp50.000 per-hari, sedangkan untuk talk show dan session sebesar harga Rp50.000 – Rp250.000 per-sesinya. Tiket bisa kamu dapatkan melalui website humanizeus.id dan Loket.com.

 

Penulis: Iffah Nurahmah

Social Experiment
Humanize Us, Ajak Masyarakat Jelajahi Social Experiment. (Foto: dokumen Humanize Us)

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓