Mengapa Kopi Tak Dianjurkan Diminum untuk Ibu Hamil, Ini Alasannya

Febi Anindya Kirana23 Nov 2019, 13:45 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Demi kesehatan, ibu hamil tidak dianjurkan minum kopi atau minuman apa pun yang mengandung kafein tinggi. Namun alasan kesehaatan seperti apa sebenarnya hingga ibu hamil dilarang meminumnya?

Ternyata efek minum kopi berkafein tak baik untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central menemukan bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebih selama hamil bisa meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir.

Kafein Bisa Meningkatkan Risiko Keguguran

kopi
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Berdasarkan penelitian, ibu hamil seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari 300 mf kafein per harinya. Selain itu, banyak penelitian membuktikan bahwa terlalu banyak kadar kafein dalam tubuh bisa menimbulkan kecemasan, sakit perut dan bahkan pusing pada beberapa orang.

Karena tubuh ibu hamil dan kandungannya cukup rentan dan sensitif terhadap apa pun yang dikonsumsi tubuh, efek samping ini mungkin saja terjadi. Beberapa makanan lain yang juga mengandung kafein tinggi adalah teh hijau dan cokelat.

Jadi, daripada mengambil risiko yang tak diinginkan, lebih baik ibu hamil menghindari kopi atau segala makanan dan minuman yang mengandung kafein.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓