Bukan Cuma Bakar Kalori, Penelitian Menunjukkan Olahraga Ini Bikin Awet Muda

Karla Farhana26 Nov 2019, 11:00 WIB
[Fimela] Olahraga

ringkasan

  • Selama ini, banyak orang melawan penuaan dengan perawatan tubuh untuk mengencangkan kulit.
  • Namun, ternyata ada olahraga yang mampu membuatmu awet muda.
  • Studi menunjukkan, HIIT merupakan olahraga yang paling efektif memperlambat penuaan.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menghindari penuaan mungkin merupakan hal yang tidak mudah. Meski ada begitu banyak perawatan kulit dan produk kecantikan yang dipercaya mampu mengurangi kerutan pada wajah, namun setiap organ tubuh memiliki 'usia.' Bahkan, sel-sel tubuh pun memiliki usia yang perbandingannya tidak linear dengan umurmu. 

Shape.com menulis, seberapa muda penampilan seseorang memiliki banyak faktor. Selain kulit yang masih kencang dan tubuh yang fit, ternyata awet muda juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan holistik. Termasuk usia sel dan organ tubuh yang sehat. Untuk itu, olahraga menjadi cara yang paling efektif jika Sahabat Fimela ingin tampil awet muda. 

Di antara begitu banyak jenis olahraga, mungkin kamu berpikir yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa membuatmu awet muda. Meski memungkinkan, studi terbaru justru menunjukkan hasil lain. 

Dilansir dari Eurekalert.org, sebuah penelitian yang dilakukan Doktor Medis dan peneliti diabetes di Mayo Clinic, Sreekumaran Nair menunjukkan kalau High-intensity Interval Training (HIIT) merupakan olahraga yang bukan cuma mampu membakar kalori, tetapi juga cara paling efektif untuk memperlambat penuaan. 

Bagaimana HIIT Mampu Memperlambat Penuaan?

[Fimela] Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi olahraga | unsplash.com/@yellowteapot

Sebuah penelitian lain yang diterbitkan Cell Metabolism menganalisa beberapa kelompok yang melakukan olahraga HIIT, resistance training, dan juga olahraga yang menggabungkan strength dan kardio selama 12 minggu. Penelitian ini menunjukkan HIIT ternyata mampu membuatmu awet muda. 

Dalam penelitian tersebut, tulis Shape.com, orang yang melakukan HIIT secara rutin mampu melatih mitochondria, 'mesin pembangkit' yang ada di dalam sel-sel otot. Jadi, ketika kamu menua, kinerja mitochondria ini semakin melemah dan tidak lagi efisien. Hal ini membuat tubuhmu menjadi resisten terhadap insulin. 

Sementara itu, HIIT justru membantu meningkatkan fungsi mitokondria dan protein terkait usia yang dibutuhkan untuk membangun massa otot. Sementara, hasil penelitian Sreekumaran menunjukkan, tidak ada olahraga yang mampu memperlambat masa penuaan kecuali HIIT. 

Selain itu, data menunjukkan, HIIT juga meningkatkan fungsi mitokondria sekitar 49% pada anak-ana muda dan 69% pada orang dewasa. Jadi, Sahabat Fimela ingin tampil lebih muda? Mungkin kamu tertarik untuk mencoba berolahraga HIIT lebih rutin lagi. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓