4 Langkah Mudah Mengatur Keuangan untuk Anak Kos

Anisha Saktian Putri28 Nov 2019, 15:00 WIB
[Fimela] Menabung

Fimela.com, Jakarta Menjadi anak kos yang jauh dari orangtua memang mengharuskan kita belajar mandiri. Mengatur segala keperluan sendiri, termasuk masalah keuangan. Pengelolaan keuangan sangat penting bagi anak kos. agar saat di tengah bulan tidak kehabisan uang. Tentunya akan malu jika selalu minta kepada orangtua.

Untuk itu, berikut beberapa trik mengatur keuangan bagi kalian anak kos agar tidak boros, seperti dirangkum Fimela dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

1. Daftar keperluan

Bagi anak kos, setelah mendapat jatah bulanan dari orangtua. Ada baiknya untuk membuat list apa saja yang diperlukan selama satu bulan. Seperti sisahkan uang untuk makan sehari-hari, mengerjakan tugas, biaya internet, hingga biaya tak terdugaagar keuangan lebih baik.

2. Masak sendiri dan bawa minum

[Fimela] Menabung
Menabung | unsplash.com/@sharonmccutcheon

Sebaiknya mencari kostan yang menyediakan dapur, agar kalian bisa memasak sendiri atau sekedar menanak nasi. Sebab, pengeluaran terbesar adalah makanan kita sehari-hari. Dan bawa minum ketika keluar kosan, ini sangat membantu mengurangi pengeluaran lho.

3. Jangan terpengaruh gaya hidup orang lain

Setiap mengerjakan tugas pergi ke coffe shop. Membeli barang-barang yang tidak diperlukan karena melihat orang lain. Kebiasaan dan gaya hidup ini tentu menguras keuanganmu.

Ada baiknya, mengerjakan tugas dengan fasilitas kampus seperti di perpustakan yang sudah tersedia wifi. Jangan tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan, fokus pada anggaran pengeluaran yang telah dibuat.

4. Menanbung

Segera sisihkan sisa uang ketika kalian sudah membuat anggaran keuangan. Atau sudah membayar segala kebutuhan. Kamu bisa menyishkan 5-10 persen dari uang yang telah diberikan orangtua. Percayalah memiliki tabungan sangat berguna untuk kehidupanmu mendatang.

 

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓