16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan Kampanyekan #OrangetheWorld

Mimi Rohmitriasih25 Nov 2019, 14:25 WIB
Diperbarui 25 Nov 2019, 14:25 WIB
Zodiak

Fimela.com, Jakarta Kampanye anti kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan diadakan secara internasional sejak tahun 1991. Ini merupakan satu cara untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan dan diskriminasi terhadap HAM laki-laki maupun perempuan di seluruh dunia.

Kampanye ini pertama kali digagas oleh Women's Global Leadership Institute di tahun 1991. Dari tahun ke tahun, kampanye ini terus dideklarasikan agar angka kekerasan, diskriminasi dan pelecehan bisa terus berkurang. 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan adalah agenda tahunan yang dimulai pada tanggal 25 November dan akan berakhir di tanggal 10 Desember.

Selain dilakukan untuk mengurangi angka kekerasan pada perempuan, kampanye ini juga dilakukan sebagai upaya agar semua lapisan masyarakat dunia lebih menghormati HAM, mencegah terjadinya kekerasan dan tindak semena-mena terhadap perempuan juga menghapus serta tidak mengulangi lagi tindakan kekerasan.

Tema 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan tahun 2019

Zodiak
llustrasi/copyright pexels.com/bruce mars

Pada tahun ini, tema untuk 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan atau 16 Days of Activism Against Gender Violence masih selaras dengan tema di tahun-tahun sebelumnya yakni kampanye untuk memerangi kekerasan dan diskriminasi.

Bertajuk “Orange the World: Generation Equality Stands against Rape" generasi masa kini diajak untuk lebih peduli terhadap sesama. Melansir dari laman unwomen.org, masyarakat dunia diharapkan agar lebih menghargai sesama, memerangi tindak kekerasan terutama kekerasan seksual dan memberanikan diri untuk melaporkan tindak kekerasan terutama tindakan pemerkosaan.

Di bawah kepemimpinan Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, UNiTE Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, mayarakat diminta untuk bersama-sama memerangi perlakuan kasar, kekerasan dan pelecehan yang dilakukan orang lain atau bahkan orang terdekat. Organisasi ini menyuarakan upaya untuk menentang tindakan pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan juga anak-anak.

Mari besama-sama mencegah dan mengurangi tindak kekerasan, pemerkosaan atau hal negatif lain di sekitar kita. Jadilah perempuan mandiri dan kuat yang tak pernah gentar menyerukan kebenaran. Ajak orang-orang terdekat kita untuk berlaku lebih baik, lemah lembut dan menghindari segala bentuk kekerasan. Suarakan kepedulianmu lewat tagar #OrangetheWorld dan #GenerationEquality.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓