Rajin Olahraga Aerobik, Ini Sekian Manfaatnya untuk Kesehatan Otak

Febi Anindya Kirana26 Nov 2019, 15:45 WIB
perempuan jogging

ringkasan

  • Mengurangi gejala depresi dan kecemasan
  • Meningkatkan performa kognitif
  • Meningkatkan fungsi otak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk dilakukan secara rutin. Meski memang baik secara umum, namun olahraga aerobik secara spesifik memberi manfaat kesehatan lebih pada jantung dan paru-paru.

Karena jantung dan paru-paru berhubungan sangat erat dengan fungsi otak, ternyata aerobik punya dampak positif yang besar terhadap kesehatan otak. Ini dia manfaat kesehatan olahraga aerobik untuk otak, seperti dijelaskan dalam Medical News Today.

1. Menurunkan risiko demensia

Olahraga aerobik secara rutin merupakan salah satu cara efektif mencegah Alzheimer, salah stau bentuk demensia. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health menemukan bahwa orang-orang yang aktif atau sering melakukan aktivitas aktif mampu menjaga kesehatan otak terutama mencegah demensia.

 

2. Mengurangi gejala depresi dan kecemasan

bersepeda olahraga
ilustrasi perempuan bersepeda/copyrigtht By beeboys from Shutterstock

Beberapa uji klinis menemukan bahwa olahraga aerobik mampu mengurangi gejala depresi dan gangguan kecemasan. Latihan aerobik bukan hanya meningkatkan kesehatan jasmani namun juga mencegah penumpukan stres yang bisa berkembang menjadi depresi.

3. Meningkatkan performa kognitif

Sementara aeobik mampu meningkatkan kesehatan kognitif pada orang lanjut usia, aerobik juga mmapu meningkatkan fungsi kognitof atau berpikir anak-anak hingga dewasa muda. Kemampuan berpikir cepat, tangkas, cermat, mengingat dan kecerdasan seseorang bisa dipertahankan dengan olahraga aerobik.

4. Meningkatkan fungsi otak

Apa bedanya dengan poin ketiga? Fungsi otak di sini lebih kepada responnya di luar kemampuan berpikir, seperti melepaskan hormon kebahagiaan, mengatasi hormon kortisol atau responnya terhadap stres, mengurangi inflamasi, dan berbagai kesehatan mental lainnya.

Ada banyak manfaat kesehatan melakukan olahraga, dan jelas sekali bahwa aerobik merupakan olahraga yang patut dijadikan kebiasaan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓