Jarang Disadari, Ini 7 Manfaat Olahraga Aerobik untuk Badan

Febi Anindya Kirana27 Nov 2019, 09:15 WIB
olahraga aerobik

ringkasan

  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan energi dan kebugaran
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Orang bisa olahraga apa pun yang mereka suka dan sesuai dengan kemampuan tubuhnya, namun dari banyaknya olahraga, pasti setiap orang pernah melakukan aerobik. Meski lebih dikenal mampu membakar lemak dan mempercepat penurunan berat badan, namun ada sekian manfaat aerobik yang jarang disadari.

1. Mencegah penyakit jantung

Karena melatih pernapasan dengan baik, aerobik mampu menjaga kerja jantung, paru-paru, dan aliran darah yang lancar. Aerobik terkenal menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah sekitarnya dan menjaga kadar kolesterol agar tidak mengganggu jantung. Bahkan bisa mencegah stroke dan mencegah stroke kambuh lagi.

2. Menjaga berat badan yang sehat

Karena melibatkan gerakan seluruh badan, aerobik sangat efektif membakar kalori tubuh sehingga lebih memungkinkan mengurangi jumlah lemak di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

3. Mengendalikan kadar gula darah

[Fimela] Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com/@j_ballew

Aerobik yang dialkukan rutin terutama sangat baik mencegah diabetes tipe 2 karena mampu menjaga kadar gula darah sehat. Kelebihan gula di dalam tubuh akan segera dibakar sehingga tidak memicu inuslin dan penumpukan kalori sebagai lemak.

4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan cara olahraga aerobik intensitas ringan hingga sedang seperti jalan kaki, dan bersepeda. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga aerobik efektif menurunkan hipertensi.

5. Meningkatkan energi dan kebugaran

Orang yang jarang olahraga pasti akan merasa mudah lelah dan mengantuk, sedangkan yang sering olahraga pasti akan memiliki energi yang tinggi dan aktif secara fisik dan bahkan seksual. Karena latihan fisik membuat ketahanan tubuh lebih baik.

6. Hidup panjang umur

olahraga aerobik
Photo by Danielle Cerullo on Unsplash

Banyak penelitian yang dimuat dalam jurnal BMJ menyebutkan bahwa olahraga aerobik rutin mampu menurunkan risiko kematian dini, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga meningkatkan harapan hidup dan memperpanjang usia seseorang.

7. Menjaga fungsi organ tubuh

Secara umum, aerobik mampu melatih seluruh bagian tubuh, termasuk fungsi optimal organ tubuh, sendi dan otot bahkan metabolisme. Tubuh jadi terasa lebih ringan ketika sering olahraga.

Itu dia sekian manfaat olahraga aerobik yang bisa didapat jika rajin olahraga aerobik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓