Minum Teh Berlebihan Bisa Menghambat Penyerapan Nutrisi Ini

Febi Anindya Kirana28 Nov 2019, 13:15 WIB
secangkir teh

Fimela.com, Jakarta Minum teh di pagi atau sore hari memang nikmat, dan banyak manfaat yang bisa didapat jika minum teh setiap hari. Teh diketahui mampu membuat tubuh lebih fokus atau meningkatkan konsentrasi karena mengandung kafein, serta memberikan efek relaksasi atau melepaskan stres.

Meski sehat namun porsi minum teh juga perlu diperhatian, karena segala hal yang berlebihan pasti tidak akan baik, begitu juga dengan minum teh. Ada satu kandungan di dalam teh yang jika dikonsumsi berlebihan maka akan menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Kebanyakan Minum Teh Hambat Penyerapan Zat Besi

Rajin Minum Teh Bisa Memberi Manfaat Anti Anging
ilustrasi teh/Photo by Loverna Journey on Unsplash

Penelitian yang dimuat dalam jurnal PubMed Central Current Developments in Nutrition menyebutkan bahwa kandungan tanin di dalam teh mampu menghambat penyerapan zat besi tubuh. Teh seduh memiliki kandungan senyawa tanin yang tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tanin dapat berikatan dengan zat besi di dalam makanan tertentu, sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa tanin teh cenderung menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari makanan nabati daripada makanan hewani. Jadi alangkah baiknya jika tidak banyak minum teh saat banyak makan sayur dan buah-buahan.

Konsumsi teh harian yang aman dibatasi sekitar 3 cangkir atau lebih sedikit (710 ml) per harinya. Jadi, meski sehat namun jangan terlalu bersemangat dan minum teh terlalu banyak ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓