Kapan Boleh Berhubungan Intim Lagi Setelah Operasi Caesar?

Mimi Rohmitriasih29 Nov 2019, 21:11 WIB
Hubungan Intim/Seks

Fimela.com, Jakarta Hubungan intim menjadi aktivitas yang penting bagi pasangan suami istri. Lewat hubungan intim, pasangan suami istri bisa mengenal secara lebih dalam secara fisik pun psikis satu sama lain. Lewat hubungan intim pasangan suami istri juga bisa merasa lebih bahagia, lebih sehat dan lebih bugar.

Hubungan intim bisa dilakukan kapan saja selama suami istri siap dan merasa nyaman. Pasangan yang belum berada di momen kehamilan, sedang berada di momen kehamilan atau bahkan setelah melahirkan, diperbolehkan melakukan hubungan intim. Dengan catatan hubungan dilakukan dengan tenang dan tidak meningkatkan risiko bahaya bagi suami pun istri.

Untuk perempuan yang baru melahirkan dengan proses persalinan operasi caesar, kapan kira-kira diperbolehkan untuk kembali melakukan hubungan intim dengan suami?

Berhubungan Intim Setelah Operasi Caesar

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setelah melahirkan khususnya lewat operasi caesar, sebaiknya hubungan intim dilakukan ketika Mom sudah melewati masa nifas. Umumnya masa nifas terjadi selama 40 hari setelah melahirkan. Para ahli menyarankan agar Mom melakukan hubungan intim lagi setelah merasa benar-benar nyaman dan kondisi kesehatan sudah pulih dengan baik.

Hindari berhubungan intim jika Mom merasa kesakitan dan tidak nyaman. Melansir dari laman health.com, ketika Mom merasa tidak nyaman saat berhubungan intim, jangan dipaksakan. Beri pengertian suami agar ia mau lebih bersabar menunggumu hingga merasa benar-benar nyaman, tidak merasa sakit dan kesehatan pulih terutama luka jahitan bekas operasi caesar sudah membaik.

Para ahli mengungkapkan jika akan lebih baik perempuan yang telah melahirkan baik melahirkan proses normal atau caesar melakukan hubungan intim lagi ketika mencapai enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Beberapa studi menemukan jika secara umum perempuan akan kembali berhubungan intim dengan suami setelah 3 bulan melahirkan. Beberapa perempuan bahkan menunggu hingga enam bulan setelah melahirkan hingga ia benar-benar siap.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓