Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, Kebanyakan Minum Teh Bisa Turunkan Kualitas Tidur!

Fimela.com, Jakarta Minum teh mungkin enak dinikmati kapan saja, apalagi aromanya yang hangat mampu menimbulkan efek relaksasi. Tapi apa pun yang berlebihan itu tak baik, termasuk minum teh berlebihan.

Teh memiliki kandungan kafein, dan meskipun kandungan kafein teh tidak sekuat kopi, namun ternyata terlalu banyak minum teh juga tak baik untuk kesehatan, terutama dapat membuatmu susah tidur.

Sebuah penelitian dalam jurnal PubMed Central dengan judul Effects of caffeine on sleep quality and daytime functioning menyebutkan bahwa kafein mampu menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang memberi sinyal otak untuk tidur.

Kebanyakan minum teh membuatmu sulit tidur

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa sekedar mengonsumsi 200 mg kafein 6 jam atau lebih sebelum tidur mampu mempengaruhi waktu tidur secara negatif. Dengan kata lain, kafein membuat tubuh susah tidur sehingga tubuh tidak memiliki waktu optimal untuk istirahat.

Tentu saja setiap orang mengalami efek dan kadar toleransi yang berbeda-beda terhadap kafein, namun akan lebih baik jika menghindari terlalu banyak minum teh dalam sehari ya. Cukup 1-3 cangkir saja, batasan aman minum teh per harinya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading