Bantu Sembuhkan Bengkak, Ini Manfaat Sehat Minyak Cengkeh

Febi Anindya Kirana30 Nov 2019, 13:07 WIB
cengkeh

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin lebih umum menganggap cengkeh sebagai rempah yang biasa digunakan dalam masakan. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa cengkeh juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada saat sakit gigi dan bisa menjadi teh hangat yang melegakan dan mempercepat penyembuhan flu dan batuk.

Rempah asli Indonesia ini merupakan obat yang baik dalam hal mengurangi peradangan jika digunakan dalam bentuk ekstrak atau minyak. Selain memiliki sifat anti-jamur, anti bakteri dan antiseptik, minyak cengkeh juga bersifat analgesik, yaitu membantu meredakan pembengkakan karena peradangan fisik seperti terbentur benda keras, bahkan untuk meredakan arthritis dan rematik, seperti dijelaskan dalam WebMd.

Minyak Cengkeh Mempercepat Kesembuhan Radang

Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Caranya:

  • Ambil minyak cengkeh dan oles ke bagian yang sakit, kemudian pijat otot-otot yang sakit tersebut secara perlahan hingga kurang lebih 10 menit atau hingga reda rasa sakitnya.
  • Setelah itu biarkan bagian yang sakit tetap terbalur minyak cengkeh hingga beberapa saat.

Rasa hangat yang ditimbulkan akan meredakan rasa sakit yang diderita. Lakukan perawatan ini paling tidak sehari sekali hingga rasa sakit dan bengkak hilang. Tidak hanya bisa dioles, cengkeh juga bisa diseduh dan diminum untuk mempercepat kesembuhan pembengkakan dari dalam. Cukup seduh beberapa biji cengkeh bersama sedikit minyak cengkeh.

Bahkan minyak cengkeh juga banyak dipercaya sebagai aphrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual lho, Sahabat Fimela. Jadi, jangan pernah meremehkan manfaat rempah kecil satu ini ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓