Ingin Liburan Sambil Menyehatkan Tubuh? Ini tipsnya

Fimela Editor06 Des 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi traveling

Fimela.com, Jakarta Sedang merencanakan liburan akhir tahun? Mengapa tidak mencoba traveling bersama sahabat? Girls Trip bisa menjadi rekomendasi liburan yang tidak boleh kamu lewatkan untuk bersenang-senang dengan sahabat. Apalagi jika kamu dan para sahabatmu punya selera yang sama terkait pilihan destinasi wisata.

Selain menyenangkan, Girls Trip ternyata punya manfaat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatanmu. Melansir dari Harpers Bazaar (4/12/2019) Diakui oleh banyak orang tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berada dalam sebuah perjalanan dan liburan bersama sahabat-sahabat.

Namun semakin dewasa, tanpa kita sadari mencari waktu senggang untuk sekedar berkumpul bersama teman-teman sangatlah sulit karena banyaknya pekerjaan dan prioritas lain yang harus didahulukan. Hal ini membuat waktu berkumpul bersama teman sangatlah berharga, maka untuk membuatnya tidak sia-sia liburan bersama merupakan kebahagiaan tersendiri.

Menurut psikolog kepribadian sosial, William Chopik, dalam penelitiannya, Dr. William menemukan bahwa pertemanan seseorang memiliki dampak terbesar pada kesehatan dan kebahagiaan. Tidak seperti hubungan lain dalam kehidupan, di mana tekanan atau dinamika tertentu melekat, itulah persahabatan.

 

Manfaat baik dari liburan bersama sahabat-sahabat

ilustrasi persahabatan
ilustrasi persahabatan (Sumber: Unsplash) / Simon Maage

Persahabatan benar-benar penting dalam kehidupan kita. Berbeda dengan jenis hubungan lainnya seperti dengan pasangan atau keluarga, karena di sisi lain ternyata persahabatan dapat meningkatkan depresi dan kecemasan. Saat dalam perjalanan bersama sahabat artinya kamu memilih untuk menghabiskan waktu bersama sahabat karena kamu menikmati segala bentuk kebersamaan satu sama lain.

Terlebih di era digital yang serba cepat ini, rasanya sahabat tidak pernah benar-benar jauh, kemajuan teknologi informasi sangat memudahkan kita untuk sekedar menanyakan kabar kepada para sahabat meski dalam kondisi yang berjauh-jauhan.

Tapi rasanya hal itu juga tidak cukup, itulah alasan mengapa kamu harus melakukan perjalanan dan liburan bersama para sahabat. Kamu dapat duduk bersama, bertatap muka, bertukar cerita serta bersenda gurau. Ini adalah sesuatu yang tidak selalu kamu dapatkan jika hanya melalui panggilan telepon, atau bertukar pesan di media sosial, bukan?

Bahkan, sebuah studi tahun 2019 dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa menghabiskan waktu bersama teman-teman dapat menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan. Hubungan sosial seperti persahabatan ini tidak hanya mampu memberimu kesenangan saja, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Hal ini membuat tubuh merasa selalu fit dengan cara yang sama kuatnya dengan tidur cukup, diet menu makakan sehat dan tidak merokok.

Sudahkah kamu merencanakan perjalanan bersama teman-temanmu?

 

Penulis: Iffah Nurahmah

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓