3 Tips Membuat Tumis Cumi yang Empuk

Endah Wijayanti08 Des 2019, 15:15 WIB
Tumis Cumi

ringkasan

  • Daging Cumi Dipanaskan Lebih Dahulu
  • Daging Cumi Dimarinasi dengan Baking Powder dan Air Perasan Jeruk Nipis
  • Daging Cumi Direbus Pakai Panci Presto
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Daging cumi memang memiliki tekstur yang khas. Hanya saja jika salah mengolahnya, daging cumi jadi alot. Daging cumi yang alot kerap ditemui dalam olahan tumisan.

Untuk membuat tumis cumi yang empuk, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Daging cumi perlu diolah sedemikian rupa sebelum ditumis. Selengkapnya langsung saja simak di sini, ya.

1. Daging Cumi Dipanaskan Lebih Dahulu

Daging cumi bisa dibersihkan lebih dahulu, kemudian dipotong-potong. Setelah itu, daging cumi bisa dipanaskan dengan teflon selama sekitar lima menit. Lalu, sisihkan di mangkuk dan diberi taburan garam serta air perasan jeruk nipis supaya tidak amis. Setelah itu, tumis bumbu sampai harum, baru masukkan daging cumi.

2. Daging Cumi Dimarinasi dengan Baking Powder dan Air Perasan Jeruk Nipis

Daging cumi dibersihkan lalu dipindahkn ke baskom. Masukkan 1 sdm baking powder dan air perasan jeruk nipis. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Setelah itu, daging cumi ditiriskan. Tumis bumbu sampai harum, lalu masukkan daging cumi. Masak dengan api kecil saja selama sekitar tiga menit.

 

3. Daging Cumi Direbus Pakai Panci Presto

Tumis Cumi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Daging cumi yang sudah dibersihkan dan dipotong jadi beberapa bagian bisa langsung direbus dengan panci presto. Rebus cumi selama 20 menit setelah panci presto berbunyi. Daging cumi bisa langsung diolah jadi tumisan dengan memasukkannya terakhir setelah bumbu tumis harum.

Tidak terlalu sulit kan membuat tumis cumi yang empuk? Semoga infonya bermanfaat dan selamat memasak!

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓