Sukses

Lifestyle

3 Tips Merebus Kikil agar Empuk dan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Kikil dengan teksturnya yang khas bisa diolah jadi berbagai hidangan yang lezat. Yang paling umum kikil diolah jadi tumisan dengan cita rasa pedas. Sebelum ditumis atau diolah dengan aneka bumbu, kikil umumnya perlu direbus.

Supaya kikil empuk dan tidak amis, proses perebusannya perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba dalam merebus kikil.

1. Direbus Pakai Panci Presto

Agar lebih cepat empuk, kikil bisa direbus pakai panci presto. Untuk satu kilogram kikil, bisa direbus selama dua jam lalu dipotong kecil-kecil. Pakai panci biasa pun bisa, tapi sebaiknya kikil dipotong kecil-kecil lebih dahulu agar cepat empuk.

 

2. Direbus dengan Jahe

Untuk menghilangkan bau amisnya, kikil bisa direbus dengan menambahkan seruas jahe di dalam air rebusan. Untuk 250 gram kikil, bisa direbus kurang lebih 15 menit dengan seruas jahe agar empuk dan tidak amis. Baru setelah itu, daging kikil bisa kita bumbui dan olah sesuai selera.

3. Direbus dengan Dedaunan

Cara yang satu ini juga cukup efektif untuk menghasilkan kikil yang empuk dan tidak bau amis. Untuk 150 gram kikil bisa direbus dengan 2 lembar daun jeruk, 1 serai, 2 lembar daun salam, dan 1 ruas jahe. Rebus selama sekitar 2 jam sampai empuk.

Tidak terlalu sulit kan untuk mendapatkan daging kikil yang empuk dan tidak amis? Semoga infonya bermanfaat dan selamat memasak, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading