Tips Berlibur Hemat di Hari Natal dan Tahun Baru

Karla Farhana11 Des 2019, 13:00 WIB
[Fimela] Traveling

Fimela.com, Jakarta Natal dan Tahun Baru menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Bukan cuma berkumpul di rumah bersama-sama, momen liburan panjang ini juga biasanya dihabiskan dengan bertamasya atau traveling ke destinasi impian bersama-sama. 

Tetapi, destinasi wisata di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri selama liburan Natal dan Tahun Baru pastinya akan dipadati para wisatawan. Karena itu, semua biaya biasanya akan menjadi lebih mahal. 

Mulai dari tiket pesawat, harga akomodasi, hingga tiket-tiket taman bermain, museum, dan tempat wisata lainnya. Tidak ingin ketinggalan momen hangat bersama keluarga dan kerabat, Sahabat Fimela tetap bisa traveling tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Berikut trik untuk menekan biaya traveling. 

Gunakan Transportasi Umum

Keetika sudah berada di destinasi tujuan, cobalah untuk menggunakan transportasi umum. Biasanya, transportasi umum jauh lebih murah dibandingkan dengan naik taksi atau menggunakan taksi online. Namun, hal ini berlaku kalau jumlah orang yang traveling tidak terlalu banyak, ya! 

Street Food

[Fimela] Street Food
Ilustrasi Street Food | unsplash.com/@changlisheng

Baik di Indonesia maupun di negara lain, street food atau kaki lima atau jajanan di pinggir jalan biasanya jauh lebih murah daripada restoran. Begitu juga dengan kafe atau tea house! Selain murah, street food juga menawarkan sensasi dan pengalaman kuliner yang unik dan khas di daerah tersebut. 

Lupakan Berbalanja

Liburan bersama keluarga memang sering kali mensyaratkan berbelanja. Baik membeli oleh-oleh maupun berbelanja untuk diri sendiri tentu saja akan menambah biaya yang dikeluarkan pada saat traveling. Bagaimana kalau kamu kali ini tidak memasukkan shopping ke dalam daftar kegiatan selama traveling? 

Sebagai gantinya, cobalah untuk roaming around di daerah yang belum pernah kamu kunjungi. Berinteraksilah dengan warga setempat. Selain budaya yang kaya, kamu juga bisa belajar banyak hal dari masyarakat lokal. Selain hemat, kamu akan memperkaya ilmu dan pengalaman. Selamat traveling dan menikmati libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓