3 Tips Aman Bermain Instagram bagi Remaja

Annissa Wulan09 Des 2019, 13:30 WIB
Ilustrasi ponsel

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak bermain Instagram saat ini? Tidak hanya kalangan muda, bahkan orang tua mulai menggunakan Instagram untuk terus melakukan interaksi dengan orang lain.

Sayangnya, Instagram juga merupakan salah satu media sosial yang memerlukan panduan dalam menggunakannya, terutama para pengguna muda. Berikut ini adalah beberapa upaya Instagram untuk membuat aplikasi ini aman digunakan oleh semua pihak, terutama pengguna muda.

1. Menanyakan tanggal lahir pengguna

Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna ketika mereka membuat akun. Berdasarkan ketentuan yang ada, pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun Instagram.

Kamu bisa menghubungkan akun Instagram ke akun Instagram, agar Instagram bisa menambahkan informasi dengan lebih mudah. Jika informasi di Facebook berubah, maka secara otomatis, informasi di Instagram juga akan berubah.

2. Pengalaman yang sesuai dengan usia pengguna

Dalam beberapa waktu ke depan, Instagram akan menggunakan informasi tanggal ulang tahun pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal. Contohnya adalah edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja di Instagram.

 

Instagram
Aturan baru bermain Instagram bagi para pengguna muda. Sumber foto: Document/Instagram.

3. Privasi pengiriman pesan

Ilustrasi ponsel
Ilustrasi ponsel. Sumber foto: unsplash.com/Robin Warroll.

Instagram juga membantu pengguna mengontrol siapa saja yang bisa mengirim pesan melalui Direct Message di Instagram. Kamu yang mengaktifkan fitur ini, tidak akan lagi menerima pesan dalam bentuk grup atau balasan story dari orang-orang yang tidak diikuti.

Bermain Instagram juga harus diikuti dengan tanggung jawab. Berapa lama waktu yang kamu habiskan dalam sehari untuk bermain Instagram?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓