Mencium Aroma Bunga Melati Terbukti Efektif Mengatasi Depresi

Febi Anindya Kirana07 Des 2019, 15:29 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 15:29 WIB
bunga melati

Fimela.com, Jakarta Bunga melati mungkin menjadi bunga dengan harum yang memikat. Bukan hanya dijadikan sebagai simbol pernikahan dalam budaya Jawa namun juga memiliki manfaat kesehatan yang tak bisa diabaikan, terutama dalam menenangkan pikiran dan mengatasi depresi.

Penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam PubMed Central Natural Product Communications menemukan bahwa melakukan pijat aromaterapi dengan menggunakan minyak bunga melati mampu melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, dan merilekskan saraf.

Aroma Melati Mampu Mengurangi Depresi

3 Manfaat Kecantikan dari Bunga Melati
Bunga melati bermanfaat untuk kecantikan. (via: istimewa)

Bahkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa mencium aroma bunga melati mampu meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, konsentrasi, meredakan stres hingga membantu mengurangi pikiran depresi.

Aroma harum bunga melati akan lebih efektif mengatasi masalah kesehatan mental jika dihirup dalam keadaan segar, meski demikian menikmati harumnya melalui parfum ataupun aroma terapi juga bisa mengurangi stres dan memberi efek relaksasi yang baik.

Jadi, jika kebetulan punya pohon bunga melati di rumah dan sering stres, ada baiknya istirahat sejenak sambil mencium aroma harumnya bunga melati di pekarangan rumah ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓