Cara Merebus Ampela agar Teksturnya Lembut

Endah Wijayanti14 Des 2019, 12:15 WIB
ampela

Fimela.com, Jakarta Daging ampela punya tekstur yang cukup kenyal. Sangat cocok diolah jadi tumisan yang sedap. Bila ingin mendapatkan ampela yang teksturnya lebih lembut, proses perebusannya perlu diperhatikan.

Cara merebus ampela supaya teksturnya lebih empuk dan lembut tidaklah terlalu sulit. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa diikuti.

Ampela Dicuci Bersih

Daging ampela harus dicuci sampai benar-benar bersih. Bilas beberapa kali dengan air mengalir supaya semua kotorannya hilang. Sebab bila masih ada kotoran yang menempel, nantinya bisa merusak cita rasanya.

Siapkan Serai, Jahe, Daun Salam, dan Serai

Untuk menghilangkan bau amis ampela, kita perlu menggunakan sejumlah hal. Beberapa bahan yang bisa dipakai adalah serai yang digeprek, irisan jahe, daun jeruk yang disobek-sobek, dan daun salam yang disobek-sobek.

 

Didihkan Air

Hati ampela
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Timolina

Siapkan panci berisi air. Kemudian, rebus hingga mendidih. Baru masukkan aneka rempah dan bahan yang sudah disiapkan serta ampela.

Rebus Sekitar 10 Menit

Rebus ampela sekitar sepuluh menit. Biasanya ampela sudah empuk setelah direbus dengan air mendidih. Ampela yang sudah empuk ini bisa diolah dan dibumbui sesuai selera.

Tidak terlalu sulit, kan? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓